Kesehatan

Peduli Kesehatan Masyarakat, Asian Agri Berikan APD ke Puskesmas


Peduli Kesehatan Masyarakat, Asian Agri Berikan APD ke Puskesmas
beritasumut.com/ist

MENYERAHKAN – HEAD HSE & CSR Asian Agri, Welly Pardede (ketiga kanan), berfoto bersama usai menyerahkan APD yang diterima Kepala UPTD Puskesmas Ujung Padang, dr Henry Jimmy Gultom.

Beritasumut.com-Ratusan ribu alat pelindung diri (APD) diberikan Asian Agri ke sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang berada di tiga provinsi, terdiri Sumatra Utara (Sumut), Riau, dan Jambi. Ketiga provinsi di Pulau Sumatra itu merupakan wilayah operasional perusahaan perkebunan kelapa sawit Asian Agri dan termasuk rawan penyebaran virus Covid-19.

Diketahui sejumlah kasus positif terpapar Covid-19 terjadi di antaranya bahkan memakan korban jiwa. Sehubungan itu, bantuan APD yang diberikan khusus kepada tenaga medis adalah bentuk dukungan Asian Agri untuk melindungi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Head HSE & CSR Asian Agri, Welly Pardede, mengemukakan itu saat penyerahan APD berupa masker, mantel pelindung, thermo gun, kacamata, dan sarung tangan ke UPTD Puskesmas Ujung Padang, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumut pada 31 Agustus 2020.
Menurut Welly, selama masa pandemi Covid-19 sudah banyak yang dilakukan Asian Agri dengan tujuan untuk melindungi masyarakat dari wabah virus tersebut. "Bantuan APD tersebut disalurkan merata di wilayah operasional perusahaan. Sasaran kali ini, bantuan APD lengkap untuk tenaga medisnya," ungkapnya.

Sementara itu, Sekcam Ujung Padang, Manaor Siregar, memberikan apresiasi bagi Asian Agri bersama unit bisnisnya PT Supra Matra Abadi (SMA) yang tetap sangat peduli terhadap masyarakat dan puskesmas demi pencegahan Covid-19.

“Saya lihat sudah banyak yang diperbuat PT SMA melalui program CSR-nya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang, baik itu bidang sosial, pendidikan, infrastruktur maupun kesehatan. Kami berharap jalinan kerja sama ini dipertahankan," ujar Manaor.

Hal senada juga dikemukakan Kepala UPTD Puskesmas Ujung Padang, dr Henry Jimmy Gultom. "Perlu kami ungkapkan, baru PT SMA yang tetap komitmen memberi bantuan APD kepada puskesmas. Sebelumnya kita pernah juga dibantu kelengkapan furnitur puskesmas. Perusahaan ini benar-benar peduli terhadap kesehatan masyarakat," katanya.

Dijelaskan dr Henry, di wilayah Ujung Padang sampai saat ini tidak ada ditemukan kasus Covid-19 dan diharapkan tidak akan ada. Meski demikian, imbuhnya, para tenaga medis puskesmas beserta aparat pemerintah kecamatan dibantu ormas dan tokoh agama/masyarakat selalu menyosialisasikan tentang bahaya Covid-19 kepada masyarakat.

Lebih lanjut dr Henry mengingatkan agar pasien yang datang ke puskesmas memakai masker dan cuci tangan. "Kalau tidak pakai, titak dilayani. Para tenaga kesehatan juga pakai APD jika sedang melayani pasien,” tegasnya.
Di kesempatan itu, Babinsa Pasar Baru Bosar Maligas, Serka Temu, mengajak jajaran Muspika Kecamatan Ujung Padang, anggota Polri, ormas dan tokoh masyarakat bersama-sama memerangi Covid-19.

Sedangkan Penghulu Nagori Dusun Hulu, Irawadi, mengatakan masyarakat siap mendukung program-program perusahaan Asian Agri bersama unit bisnisnya PT SMA. "Semoga kerja sama ini tidak terhenti dan terus berlanjut. Kami mohon kepada kepala puskesmas, supaya bantuan APD ini langsung bisa dimanfaatkan," katanya.(rel)


Tag:APDAsian AgriProtokol Kesehatan