Wisata

Bupati Tapteng Tinjau Pembangunan Infrastruktur Wisata Religi Peradaban Islam di Nusantara


Bupati Tapteng Tinjau Pembangunan Infrastruktur Wisata Religi Peradaban Islam di Nusantara
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Ketua DPRD Kabupaten Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu melakukan peninjauan rencana pembangunan Infrastruktur Perkotaan Barus di Jalan H. Zainul Arifin, Kelurahan Pasar Batu Gerigis, Kecamatan Barus.

Dalam kesempatan itu, Bupati memaparkan bahwa Jalan H Zainul Arifin akan diperlebar pada tahun 2021. Pelebaran jalan itu sebagai bagian dari pembangunan Infrastruktur Perkotaan Barus, mendukung keberadaan obyek wisata Tugu Titik Nol KM Peradaban Islam di Nusantara di Barus, Kabupaten Tapteng, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Pelebaran jalan dari Simpang Empat Barus, depan Kantor Pos Barus, menuju Tugu Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Di Nusantara,” kata Bupati dilansir dari laman tapteng.go.id, Minggu (21/06/2020).

Bupati menjelaskan bahwa pelebaran jalan dari tengah sepanjang 5 meter kiri dan 5 meter kanan. Di tengah"tengah jalan itu akan dibangun median lebar 1 meter, parit di kiri dan kanan jalan dengan lebar 1 meter. Selanjutnya, di sepanjang jalan itu akan dibangun lampu jalan sebanyak 50 titik dengan model angsa.

“Tujuan pelebaran jalan ini untuk menunjang dan mempermudah pengunjung ke obyek wisata Tugu Titik Nol Kilometer Peradaban Islam Di Nusantara yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.Semoga dengan perencanan yang baik, pembangunan jalan ini bisa terealisasikan di tahun 2021 guna mendukung sektor pariwisata kita di Kabupaten Tapanuli Tengah,” papar Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution SP yang ikut mendampingi Bupati meyampaikan bahwa selaku bertugas pada perencanaan daerah, Bappeda tentunya mendesain awal, karena Detail Engineering Design (DED) pembangunannya sudah ada. Kombinasi dari DED tersebut nantinya akan dipilah, mana yang akan diutamakan pembangunannya pada tahun 2021.“Mudah-mudahan dalam satu minggu ini, desain bisa selesai dan anggarannya bisa kita taksir berapa biayanya agar segera kita sampaikan ke Dinas PU PR Tapteng agar ditindaklanjuti dalam rencana kerja tahun 2021,” kata Basyri.

“Ini akan kita tampung pada tahun 2021, anggarannya sekitar Rp. 5 milyar dari APBD Kabupaten Tapanuli Tengah dan kita upayakan juga melalui Keuangan Pemerintah Provinsi. Kita lihat nanti dalam proses perencanaan karena dalam mendukung obyek wisata Tugu Titik Nol KM Peradaban Islam Di Nusantara di Barus ini kita mintakan ke Provinsi Sumatera Utara, bagaimana peran daerah bagi-bagi pekerjaan. Kita ambil pekerjaan kita dan Provinsi mengambil kewenangan Provinsi,” pungkasnya.(BS09)


Tag:TaptengWisataWisata Religi Peradaban Islam di Nusantara