Wisata

Kadis Pariwisata Kota Medan Minta Pemerintah Manfaatkan Media Digital untuk Kemajuan Pariwisata


Kadis Pariwisata Kota Medan Minta Pemerintah Manfaatkan Media Digital untuk Kemajuan Pariwisata
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini telah mengubah secara keseluruhan industri pariwisata melalui media digital. Dalam beberapa tahun terakhir, media digital telah berkontribusi dalam mempromosikan tujuan atau objek wisata. Di era kemajuan teknologi, ada perubahan perilaku para turis di mana mereka menginginkan lebih banyak informasi mengenai objek wisata.
 
Demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kadis Pariwisata Agus Suriono ketika membuka FGD pengembangan Pariwisata terhadap pengaruh pertumbuhan industri pariwisata di Era Digital terhadap perkembangan pariwisata Kota Medan di Hotel Garuda plaza, Rabu (30/10/2019). FGD yang diikuti Pengusaha dan Organisasi Pariwisata ini menghadirkan narasumber dari ASITA Sumut, PHRI dan perwakilan dari Polrestabes Medan.
 
Dikatakan Agus Suriono, media digital mempunyai peranan krusial dalam pertumbuhan dan kemajuan pariwisata, salah satunya dengan menyampaikan informasi secara mendalam tentang objek-objek wisata yang dibutuhkan oleh turis domestik maupun mancanegara. "Turis atau konsumen khususnya Generasi Millenial lebih aktif mencari informasi di media sosial sebelum mereka berlibur ke suatu tempat. Kemudian setelah mereka berlibur, para turis seringkali membagikan pengalamannya mengenai hotel, restoran, maskapai penerbangan, dan objek wisata," jelasnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (30/10/2019).
 
Menurut Agus, Digital dan Millenial sangat erat kaitannya. "Pariwisata bisa tumbuh besar karena peran digital. Artinya lifestyle saat ini sudah berubah ke arah digital, sehingga generasi millenial adalah masa depan pariwisata. Sehingga dengan dorongan Teknologi, millenial menjadi generasi yang kreatif, aktif dan inovatif untuk pengembangan pariwisata khususnya di Kota Medan," ungkapnya.
 
Menurut Kadis Pariwisata, melalui FGD ini akan diketahui formulasi pengembangan pariwisata di era digital. Selain itu dapat menjadi pembuka jalan bagi kembalinya kemilau dunia pariwisata di Indonesia khususnya di Kota Medan. Sehingga melalui meningkatnya Pariwisata akan berdampak baik bagi pembangunan Kota Medan. "Pemko Medan terus berkomitmen untuk memajukan pariwisata termasuk memanfaatkan media digital dalam mengembangkan pariwisata di Kota Medan. Secara otomatis juga akan memunculkan banyak peluang ekonomi bagi masyarakat," beber Agus Suriono.
 
FGD ini diisi dengan pemaparan oleh narasumber dari ASITA Sumut yang disampaikan Solahudin Nasution, kemudian dari PHRI yang disampaikan Maulana Yusran dan serta perwakilan dari Polrestabes Medan. (BS09)

Tag:Agus Suriyonoera digitalIndustri 4.0Industri 4 0Pariwisata MedanPemko Medan