Sabtu, 18 November 2017
  • Home
  • Wisata
  • Diresmikan, Presiden Jokowi Pesan Bangunan di KEK Mandalika Jangan Niru Model Bali Atau Spanyol
pilkada beritasumut.com

Diresmikan, Presiden Jokowi Pesan Bangunan di KEK Mandalika Jangan Niru Model Bali Atau Spanyol

Sabtu, 21 Oktober 2017 12:03:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Setelah direncanakan selama 29 tahun, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), akhirnya diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (20/10) pagi menjelang siang.
 
Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar karakter bangunan di Kawasan KEK Pariwisata Mandalika ada perbedaan dengan Bali atau kawasan wisata lainnya. Jangan sama dengan di Bali atau banyak rumah model Spanyol.
 
“Di sini mempunyai kekuatan arsitektur yang baik, baik rumah suku Sasak, kekuatan karakter harus dimunculkan. Jangan nanti disini yang banyak rumah model Spanyol,” kata  Presiden Jokowi saat meresmikan beroperasinya KEK Mandalika, di Pantai Kuta Pulau Lombok, Lombok Tengah, Provinsi NTB, Jumat (20/10/2017).
 
Presiden juga meminta agar PT Indonesia Tourism Developmen Corporation (ITDC) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola KEK Pariwisata Mandalika melakukan penataan pasar cinderamata.
 
“Jangan biarkan masyarakat bikin sendiri-sendiri sehingga kawasan ini tidak tertata dan kumuh. Siapkan lahan untuk pasar cideramata agar masyarakat bisa menikmati adanya kawasan ini,” pesan Presiden.
 
Sementara kepada Menteri Pariwisata, Presiden Jokowi meminta agar memperhatikan urusan kafe, urusan homestay. “Tolong diberikan dorongan agar  urusan dengan yang namanya toilet, terutama betul-betul pada standard internasional mumpung baru pada titik nol dimulai,” pesan Presiden seraya menambahkan, hal ini dimaksudkan agar penataan terkonsep dengan baik dna terencana dengan baik.
 
“Kita ingin ini menjadi kawasan besar bagi pariwisata Indonesia yang akan memberikan dampak kepada NTB,” tegas Presiden, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga meminta Gubernur, Bupati, dan Danrem (Danrem) untuk menghijaukan kawasan yang ada di bukit sebelah timur kawasan Mandalaika) dengan jalan menanam, sehingga akan kelihatan hijau dan tambah cantik.
 
“ITDC bertanggung jawab masalah ini. Tanaman minta berapa nanti saya kirim,” ujar Presiden Jokowi.
 
Presiden meyakini KEK Mandalika  akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat NTB karena nantinya masyarakat bisa berjualan cinderamata membuka homestay. Selain itu, KEK Mandalika ini diyakini akan membuka 58.000 lapangan kerja.
 
“Investasi sekarang yang berjalan 8 investor hotel senilai Rp18 triliun, kita harap bisa berlipat 3 (tiga) kali, sehingga kawasan ini akan berkembang,” ucap Presiden Jokowi.
 
Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.(BS01)
T#g:KEK MandalikaKEK Sei MangkeiDestinasiObjek Wisata
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 24 jam lalu

    Pemerintah Prioritaskan Pengembangan Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo

    Beritasumut.com-Dari 10 (sepuluh) destinasi wisata “Bali Baru”, pemerintah memutuskan lebih memprioritaskan 4 (empat) destinasi untuk f

  • kemarin

    Presiden Ingin 10 Bali Baru Bisa Segera Diselesaikan

    Beritasumut.com-Pengembangan sepuluh destinasi wisata baru atau biasa disebut dengan "Bali baru" terus dikebut pemerintah. Dalam rapat te

  • 4 minggu lalu

    Satlantas Polres Simalungun Sosialisasi Etika Berlalulintas kepada Pramuka di SMAN 5 Kota Pematangsiantar

    Beritasumut.com-Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Simalungun melakukan sosialisasi kepada Pramuka Saka Bhayangkara binaan Polres Simalungun pada

  • 4 bulan lalu

    Persiapan 'Sail Sabang' Aceh Minim, Pemerintah Pusat Perlu Terlibat

    Beritasumut.com-Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Aceh bersama mitra, mulai dari Perpusnas, Kemendikbud, Kemenpar, dan Bekraf.

  • 6 bulan lalu

    Taman Balita Kota Binjai Jadi Tujuan Wisata di Hari Libur

    Beritasumut.com-Taman Balita Kota Binjai yang berada di Jalan Veteran, Binjai Kota, menjadi tujuan wisata warga Binjai bagi orangtua  yang ing

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.