Sosok

Youth Inspiraction Camp 2020, Sigit Wijayakusuma Ajak Anak Muda Manfaatkan Lahan Hijau Depan Rumah


Youth Inspiraction Camp 2020, Sigit Wijayakusuma Ajak Anak Muda Manfaatkan Lahan Hijau Depan Rumah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-"Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar masyarakat harus berkegiatan di rumah saja. Hal ini menjadi peluang untuk semakin banyak memanfaatkan lahan kecil di rumah sebagai ladang bercocok tanam. Selain memaksimalkan potensi pemuda agar lebih kontributif, Youth Inspiraction Camp (YIC) 2020 turut menyebar jaring melalui gerakan penghijauan di sesi Inspiraction Community bersama Sigit Wijayakusuma, seorang Urban Designer, Guest Lecturer, Community Movement, dan penggagas Komunitas Indonesia Berkebun @IDberkebun.

Bersama pegiat lingkungan lain, Sigit terus menyebarkan semangat positif ini hingga tumbuh membesar secara organik dan semakin banyak orang memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai lokasi berkebun. “Aksi yang kami lakukan kemudia diikuti oleh para pegiat urban gardening dari kota lain dan saat ini sudah tiga puluh jejaring kota dan sembilan kampus seluruh Indonesia bergabung,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (22/09/2020).

Sigit menjelaskan, berdirinya komunitas Komunitas Indonesia Berkebun @IDberkebun muncul karena keprihatinannya melihat lahan hijau semakin sedikit. “Dengan mengubah lahan yang menganggur menjadi kebun makanan bersama kita bisa menciptakan ladang kebaikan untuk orang lain dan membuat kita lebih kreatif karena mampu membuat ruang terbuka hijau menjadi urban park, green rooftop, kampung farming, dan urban gardening,” ucapnya.

Di depan dua ratus penerima manfaat Etos ID ia menyampaikan jika ingin berkebun tak perlu jauh-jauh, bisa dimulai dari rumah saja. Selain memaksimalkan lahan, membantu menjaga lingkungan, membersihkan udara, juga bisa menjadi pemasukan tambahan yang menjanjikan. “Apapun bidang yang kalian tekuni, pastikan itu bermanfaat tak hanya untuk sesama manusia namun juga untuk lingkungan. Sebab, sumber daya alam ini titipan dari nenek moyang yang bukan diperuntukkan kita saja, melainkan untuk anak cucu kita," pesannya.

Sigit berpesan, ilmu yang kita dapatkan dan apapun yang kita lakukan untuk bumi di masa kini akan berdampak bagi anak cucu kita di masa yang akan datang. "Joy is when we can share happiness, knowledge, and experience to others. Moreover make them indispensable,” tutupnya. (Rel)


Tag:Indonesia BerkebunSigit WijayakusumaYouthInspiraction Camp2020