Sosok

Akhyar Nasution Pimpin Ikanas Sumut, Perkuat Persaudaraan Masyarakat Mandailing


Akhyar Nasution Pimpin Ikanas Sumut, Perkuat Persaudaraan Masyarakat Mandailing
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi dipercaya memimpin Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Nasution Dohot Anak Boruna (Ikanas) Sumatera Utara. Kepercayaan ini diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat Ikanas dan tertuang dalam Surat Keputusan DPP Ikanas No.SK-07/DPP-KANAS/VI/2020.

Surat yang ditandatangani Ketua Umum Ikanas, Irjen Pol (P) Drs H Rusli Nasution SH MH MM, ini diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Penasihat Ikanas Sumut, Pandapotan Nasution, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Sabtu (04/07/2020) dalam acara yang dihadiri segenap pengurus Ikanas Sumut.

Pengangkatan Akhyar, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Sabtu (04/07/2020), bermula dari usulan dari DPD Ikanas Sumut menyusul pengunduran diri Dr H Amarullah Nasution MBA dari jabatan Ketua Umum karena alasan kesehatan. Usulan ini diterima oleh DPP Ikanas yang dalam keputusannya menyatakan menerima pengunduran Dr H Amarullah Nasution MBA sekaligus mengangkat Akhyar menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Ikanas Sumut.

Dalam sambutannya, Akhyar mengungkapkan penghargaannya atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk memimpin Ikanas Sumut ini. Awalnya, tutur Akhyar, sewaktu beberapa pengurus Ikanas Sumut meminta kesediaannya menggantikan Amarullah, dia sempat menolak. Alasannya, dia masih perlu belajar lagi tentang ke-Mandailing-an. Namun karena dorongan dan motivasi dan segala argumen yang disampaikan Pandapotan Nasution dan Ahmad Raja Nasution yang merupakan Sekretaris Umum Ikanas, akhirnya Akhyar tergerak menerima amanah ini.

Selanjutnya, Akhyar mengungkapkan, marga Nasution juga memiliki peran penting dalam perjalanan bangsa dan negara ini. Salah seorang Jenderal Besar di Indonesia juga bermarga Nasution. Di samping itu, marga Nasution juga tersebar di mana-mana, bukan hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Ini merupakan potensi besar yang dapat digali untuk memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.

Akhyar mengatakan, organisasi ini berdasarkan pada ikatan persaudaraan dan kekeluargaan. Ikatan ini sekaligus menjadi salah satu simpul anak bangsa dalam memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia. Saat itu, Akhyar juga menyampaikan, pekerjaan Ikanas Sumut dalam waktu dekat ini adalah konsolidasi organisasi. Dia berharap para pengurus dapat bekerja sama dan saling mengisi untuk membesarkan Ikanas di Sumatera Utara.

Sebelumnya Ketua Dewan Penasihat Ikanas Sumut, Pandapotan Nasution, menyerukan agar segenap anggota dan pengurus Ikanas di provinsi ini tetap solid dalam membesarkan ikatan ini. Disebutkannya, organisasi ini dihidupkan oleh ikatan darah, ikatan marga. “Kita ini dipersatukan oleh ikatan darah, ikatan marga. Bukan oleh ikatan teritorial maupun politik. Karena itu marilah kita lebih solid lagi untuk membesarkan Ikanas ini,” ucapnya.

Acara ini berlangsung sederhana dengan rasa kekeluargaan yang begitu tinggi. Usai penyerahan SK kepada Akhyar, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah itu, Akhyar pun langsung memimpin Rapat Kerja Ikanas Sumut. Dalam rapat ini segenap pengurus menyampaikan berbagai usulan. Berbagai usulan ini ditampung Akhyar. Selanjutnya akan disusun skala prioritas dalam merealisasikan berbagai usulan tersebut. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionIkanas SumutMarga NasutionPemko Medan