Politik & Pemerintahan

Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila, Ormas dan Pemuda Demo Keliling Lapangan Merdeka Kota Medan


Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila, Ormas dan Pemuda Demo Keliling Lapangan Merdeka Kota Medan
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Sejumlah elemen organisasi massa dan kepemudaaan di Kota Medan turun ke jalanan. Aksi berbagai elemen di kawasan Lapangan Merdeka Medan mengusung tuntutan yang sama yaitu menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ketua Pergerakan Aliansi Nasional Anti Komunis (Anak NKRI) Sumut HT Panggabean di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (05/07/2020), dalam orasinya mengatakan elemen ormas dan pemuda itu melawan tumbuh suburnya bahaya laten atau paham komunis di Indonesia. "Karena itu elemen ormas dan pemuda di Sumatera Utara, Khususnya Kota Medan menolak dan meminta dihentikan pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila," ucapnya.

Dia mengaku, adanya yang ingin merusak nilai-nilai Pancasila yang sudah mempersatukan kebersamaaan selama ini. "Tentunya dengan kegiatan yang dilakukan ini membawa perubahan yang berarti untuk menolak Rancangan Undang Undang Haluan Idelogi Pancasila," sambung Ketum.

Pihaknya menegaskan akan tetap melakukan jaga jarak untuk menyampaikan tuntutan ini, karena masih mewabahnya virus corona (Covid-19). "Saya yakin dengan kegiatan aksi damai ini, tuntutan kita bisa menghentikan pembahasan RUU Ideologi Haluan Pancasila," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Gerakan Muslim Peduli Rakyat Indonesia Sumut Purwanto ST menambahkan, RUU Idelogi Haluan Pancasila tidak sesuai dengan dasar negara Indonesia. "Kami semuanya sepakat dengan maklumat MUI menolak Rancangan Undang Undang Idelogi Haluan Pancasila. Azas Pancasila tidak bisa dirubah dengan Trisila dan tolak partai komunis yang munafik itu," terangnya.

Keputusan tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya, Selasa (16/06/2020) lalu. Mahfud menyatakan, pemerintah memilih lebih fokus pada upaya penanganan pandemi Covid-19. Terkait RUU HIP, Pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sbg pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat. Saat ini, pemerintah masih lebih fokus dulu untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia, tandas Mahfud dalam Twitternya. (BS04)


Tag:Anak NKRIDemo MedanRUU HaluanPancasilaTolak RUUHaluanPancasila