Politik & Pemerintahan

Sukseskan GISA, Disdukcapil Mandailing Natal Selenggarakan Pelayanan Adminduk Keliling


Sukseskan GISA, Disdukcapil Mandailing Natal Selenggarakan Pelayanan Adminduk Keliling
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan (Adminduk). GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun ekosistem bagi semua pihak, masyarakat, pemerintah dan lembaga pengguna, akan pentingnya sadar Adminduk.

Untuk mewujudkan target tersebut dibutuhkan kerjasama dan sinergitas yang baik dari pemerintah tingkat atas hingga ke bawah agar pengimplementasiannya berjalan lancar.Guna mensukseska GISA tersebut, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Madina menyelenggarakan Adminduk keliling di 6 Kecamatan wilayah Pantai Barat Tahun 2020, yakni daerah Batahan, Sinunukan, Natal, Muara Batang Gadis, Linggabayu, Ranto Baek dan Batang Natal.

"GISA dilaksanakan dengan 4 program, yakni program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan.Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk.Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan. Dan, program Sadar Melayani Administrasi Kependudukan," sebut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Madina Ridwan Nasution dilansir dari laman madina.go.id, Minggu (26/07/2020).

Ridwan menjelaskan, sesuai Peraturan Bupati Mandailing Natal No.14 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Kepemilikan dan Kelengkapan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Madina, bahwa kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun ekosistem sinkronisasi semua pihak yaitu antara Pemerintah dengan masyarakat, rangkaian kegiatan ini merupakan pelayanan keliling diwilayah Pantai Barat yang dimulai dari Batahan, Sinunukan, Natal, Muara Batang Gadis, Linggabayu, Ranto Baek, Batang Natal.

“Dengan tujuan lebih mendekatkan akses pelayanan publik dan mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan," pungkas Ridwan.(BS09)


Tag:GISAKTPMadina