Politik & Pemerintahan

Sekda Pimpin Rapat Bersama OPD Pemko Medan, Sosialisasi Perwal Adaptasi Kebiasaan Baru


Sekda Pimpin Rapat Bersama OPD Pemko Medan, Sosialisasi Perwal Adaptasi Kebiasaan Baru
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman MM, memimpin rapat yang membahas tentang Sosialisasi Perwal No 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Medan, Rabu (15/07/2020) di Ruang Rapat III, Kantor Wali Kota Medan.

Rapat yang dihadiri seluruh pimpinan OPD, Badan, dan Perusahaan Daerah di lingkungan Pemko Medan itu, Sekda didampingi Asisten Umum Pemerintahan Renward Parapat dan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan Zain Noval SSTP MAP.

Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman MM, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (15/07/2020) mengatakan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan harus menjalankan, menyosialisasikan, dan mengawasi pelaksanaan Perwal No. 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Medan.

Sekda juga menekankan kepada Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, serta masyarakat harus bisa menjalankan Perwal yang menekankan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan ini demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. "Penting meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar kerja-kerja pencegahan dan penanganan pandemi ini Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, pencegahan dan penanganan Covid, termasuk soal sosialisasi dan pengawasan Perwal 27 Tahun 2020 ini, dapat berjalan baik,” ungkapnya.

Sekda mengucapkan, Perwal ini harus dijalankan secara konsisten, karena sampai sekarang belum ada satu pun pakar yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-29 ini berakhir. Setiap OPD harus menjalankan tupoksi dengan menerapkan Perwal ini. Tidak hanya itu, OPD juga harus bisa mengawasi kepatuhan stakeholder-nya dalam menjalankan Perwal ini. “Kita harus siap menjalankan Perwal ini, harus siap menjalankan protokol kesehatan, sehingga kita dapat melakuklan pengawasan dengan baik kepada stakeholders kita,” ucapnya.

Dalam rapat itu, Sekda juga menekankan pentingnya peran kepala lingkungan dalam menyosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah masing-masing. Untuk itu, lurah harus bisa memberikan pengarahan dan mendorong para kepala lingkungannya aktif mengingatkan warganya agar menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

Setiap pimpinan OPD memaparkan tentang sosialisasi dan pengawasan pelaksanaan Perwal Adaptasi Kebiasaan Baru sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sekda pun menekankan agar apa yang dipaparkan itu dapat terus berjalan, tidak berhenti sebatas laporan semata.

Saat diberikan kesempatan berbicara, Kadis Kesehatan Medan, Edwin Effendi, menyampaikan pencegahan penyebaran pandemi ini dapat dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Ada empat hal penting yang harus dilakukan seluruh masyarakat dengan penuh kesadaran, yakni menghindari keramaian atau kerumunan, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, serta memakai masker. “Protokol kesehatan ini harus diterapklan dalam setiap aktivitas kehidupan, baik masyarakat maupun di pemerintahan,” ucapnya. (BS09)


Tag:Kebiasaan BaruPemko MedanPerwal No.27Sekdako MedanWiriya Alrahman