Politik & Pemerintahan

Pemko Dukung Pelaksanaan Coklit Data Pemilih Pilkada Medan


Pemko Dukung Pelaksanaan Coklit Data Pemilih Pilkada Medan
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Pemko Medan mendukung pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai 15 Juli mendatang. Diharapkan pula dalam menjalankan tugasnya, PPDP disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Dukungan ini disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Medan, Sulaiman Harahap diwakili Kabid Politik Dalam Negeri, Lilik, dan Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan, Ridho Nasution, yang menjadi perwakilan Pemko Medan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Coklit oleh PPDP yang digelar KPU Medan di Hotel Emerald Garden, Senin (13/07/2020) sore.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, didampingi Komisioner Nana Miranti dan diikuti perwakilan Bawaslu dan segenap unsur Forkopimda ini, Lilik menyampaikan, proses coklit ini sangat penting untuk menghasilkan data pemilih yang valid. Kerja coklit kali ini, lanjut Lilik, merupakan pengalaman baru, karena dilakukan di masa pandemi.
Senada dengan Lilik, Kabag Tapem Setdakota Medan, Ridho Nasution, menyatakan, petugas PPDP harus patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu, Ridho juga berharap para seluruh PPDP yang sebagian merupakan kepala lingkungan ini dapat bekerja secara profesional.

“Tentunya PPDP harus mempunyai bekal pengetahuan dan pemahaman peraturan sehingga menjalankan tugasnya dengan baik dan berani, sehingga proses pemuktahiran data pemilih ini menghasilkan produk yang valid,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, mengharapkan dukungan Pemko Medan dan unsur Forkopimda untuk menyukseskan proses coklit ini. Bentuk dukungan itu di antaranya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemuktahiran data pemilih ini.

Agus menyampaikan, PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Karena itu, PPDP harus tepat dalam pencocokan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak terkait. Pada kesempatan itu, Agussyah juga menyatakan, PPDP yang telah direkrut KPU Medan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

KPU Medan, lanjut Agus, menyesuaikan setiap tahapan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 untuk melindungi semua lapisan masyarakat.
Komisioner KPU, Nana Miranti menambahkan, dalam melakukan coklit, PPDP dapat menambah daftar pemilih, mengubah data pemilih, dan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat. Dan dalam melakukan ini, tentunya PPDP berpegang kepada peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“PPDP dapat mencoret data pemilih antara lain karena pemilih sudah meninggal, pindah domisili, dicabut hak pilihnya, di bawah umur. Kita berharap hal-hal ini dapat dipahami oleh masyarakat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman,” ucapnya.

Rapat ini berlangsung serius namun santai. Peserta rapat pun dengan penuh antusias menyampaikan berbagai masukan agar proses coklit ini dapat berjalan dengan baik.(BS07)


Tag:KPUPemko MedanPilkada Medancoklit DPT