Politik & Pemerintahan

Kakan Kemenag Paluta Hadiri Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Pada Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/2020 M Angkatan III


Kakan Kemenag Paluta Hadiri Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Pada Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/2020 M Angkatan III
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kakan Kemenag Padang Lawas Utara (Paluta), Drs H Permohonan menghadiri kegiatan Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M Angkatan-III di Aula Hotel Mitra Gunung Tua, Paluta, akhir pekan kemarin.

Hadir sebagai narasumber, Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Drs H Marwan Dasopang MSi, Dirjen PHU Kemenag RI Prof Dr H Nizar MAg, Plt Kanwil Kemenag Prov Sumut Dr H M David Saragih MM.

Plt Kanwil Kemenag Prov Sumut Dr H M David Saragih MM, dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat bermanfaat agar jemaah haji mendapat penjelasan yang valid dan detail terkait dengan dibatalkannya pelaksanaan haji tahun ini. “Pelaksanaan diseminasi ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Tentu dengan berkumpulnya kita disini, mudah-mudahan bisa menjelaskan kepada kita semua apa alasan dibatalkannya keberangkatan haji dan bagaimana tindak lanjutnya pasca pembatalan tersebut,” ungkapnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Selasa (15/09/2020).

“Diseminasi ini sebagai langkah menginformasikan kepada peserta sekalian perihal pembatalan haji ini. Mohon masukan dan sarannya serta pahami apa yang nanti disampaikan agar tidak terjadi fitnah di masyarakat tentang informasi yang tidak benar alias hoax,” tambahnya.

Plt Kakanwil Kemenagsu juga berterima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi VIII asal Sumatera Utara Marwan Dasopang yang telah mendukung pelaksanaan diseminasi ini. "Kerjasama antara Kemenag RI dalam hal ini Kanwil Kemenagsu dengan DPR RI sangat penting dalam hal pembatalan haji ini. Terbukti dengan persetujuan DPR, Kementerian Agama bisa menyelenggarakan acara diseminasi tersebut," tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Kakan Kemenag Paluta Drs. H. Permorhonan berharap kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memberi masukan atau saran yang baik. "Apa yang bisa dan harus dilakukan sebagai tindak lanjut pasca pembatalan haji tersebut. Untuk dapat kita dengarkan dengan khidmat apa yang disampaikan, agar tidak terjadi miskomunikasi sehingga terjadi fitnah di masyarakat," tegasnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Drs H Marwan Dasopang MSi, mengapresiasi pelaksanaan ini. Dia menilai, diseminasi dan sosialisasi perlu diadakan untuk menghindari informasi yang bisa menyebabkan fitnah di kalangan masyarakat khususnya calon jemaah haji.

Kata dia, dengan adanya kebijakan pembatalan pemberangkatan jemaah haji akibat Covid-19, mudah-mudahan ini bisa menjelaskan kepada semua, apa alasan dibatalkannya keberangkatan haji dan bagaimana tindak lanjutnya pasca. “Saya berharap seluruh peserta yang hadir dapat memberi masukan atau saran yang baik, apa yang bisa dan harus dilakukan sebagai tindak lanjut pasca pembatalan haji tersebut,” pungkasnya. (BS09)


Tag:Batal HajiDiseminasi PembatalanHajiHaji IndonesiaKemenag PalutaLiputan HajiPadanglawas Utara