Politik & Pemerintahan

Akhyar Nasution Bersama Baznas Salurkan Zakat untuk Guru dan Kaum Dhuafa di Plaza Millenium Medan


Akhyar Nasution Bersama Baznas Salurkan Zakat untuk Guru dan Kaum Dhuafa di Plaza Millenium Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyalurkan zakat kepada para Ustadz, Ustadzah, Guru Honor, Bilal Mayit, Penjaga Masjid, serta Kaum Dhuafa di Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia. Penyaluran zakat yang berlangsung di Lantai VI, Gedung Plaza Millenium, Jalan Amal Luhur, Helvetia, Rabu (08/07/2020) ini merupakan program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Medan, bekerjasama dengan Baznas Sumut.

Selaku Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan apresiasi atas penyaluran zakat untuk warga Medan ini. "Ini bentuk kepedulian Baznas. Terima kasih telah mengurangi beban masyarakat Medan," ucapnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (08/07/2020).

Akhyar juga menyampaikan, Pemko Medan akan mengoptimalkan penghimpunan zakat di Medan melalui Baznas. "Insya Allah penghimpunan zakat di Medan akan kita optimalisasi," sebut Akhyar.

Sementara itu, Ketua Baznas Medan, Azwar S melaporkan jumlah penerima zakat di Kelurahan Dwikora ini sebanyak 100 orang. "Kegiatan ini bekerja sama dengan Baznas Sumut. Masing-masing penerima zakat mendapat paket berupa beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak goreng 2 kilogram, masker, dan uang sebesar Rp150 ribu," jelasnya.

Azwar juga mengatakan bahwa penyaluran zakat ini akan terus dilakukan di kecamatan-kecamatan lain. Penyaluran zakat ini diharapkan dapat membantu penerima dalam menghadapi Hari Raya Qurban di masa pandemi Covid-19 ini. "Kita juga berdoa agar Pak Akhyar dapat membawa kita melewati cobaan pandemi ini dengan baik," ujarnya.

Ketua Baznas Sumut, Amansyah Nasution menyampaikan Baznas Sumut memprioritaskan program untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 secara sosial ekonomi. Di samping itu, lanjutnya, dalam setiap penyaluran, pihak selalu memperhatikan dan mensosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Senada itu, Ketua MUI Medan, Prof Dr HM Hatta mengatakan, zakat ini merupakan perintah agama. Semua orang yang memiliki kelebihan diwajibkan berzakat. Zakat ini membersihkan harta. "Karena harta kita belum tentu semuanya bersih. Zakat kita dapat menjadi pembersihnya," ujarnya. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionBaznas MedanMUI MedanPlaza Milleniumzakat