Politik & Pemerintahan

Wabup Deli Serdang Serahkan 8 Kunci Bedah Rumah Layak Huni di Desa Sialang


Wabup Deli Serdang Serahkan 8 Kunci Bedah Rumah Layak Huni di Desa Sialang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregarmenyerahkan kunci bedah rumah layak hunididampingiKadis sosial Drs Hendra Wijaya, KadisPertanianKamaludin GintingdanKadisKetenagakerjaan BinsarSitanggang diDesa Sialang Kecamatan Bangun Purba,Selasa(27/10/2020).


Hadir jugaPimpinanPTPLNLubuk Pakam Evan Suseno,Ketua Karang TarunaSumatera UtaraDedi Dermawan,Ketua Karang TarunaDeli SerdangHendrik Nelson Pasaribu,Camat Bangun Purba Raden Mewah beserta unsur muspika, para kepala Desase-Kecamatan Bangun Purba,sertatokoh masyarakat.


Wakil Bupati Deli SerdangHM Ali Yusuf Siregarmemberikan apresiasi kepada karang taruna Garudayangjuga aktif membantu pemerintah dan masyarakat. "Karena,Karang taruna memiliki peran dan fungsi yg tidak dapat pisahkan,"ucap Yusuf.


WabupmengatakanDesa Sialang merupakan desa yang menuju desa mandiri dan mampu mengatur wilayahnya sendiri. Karena, karang taruna mempunyai peran dan fungsinya sendiri dalam keikutsertaannya dalam pembangunan desa yang mandiri.


Mengingat betapa pentingnya peran dan fungsi karang taruna serta keterkaitan karang taruna yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan desa tersebut, maka keberadaan karang taruna, perlu untuk diperhatikan dan diberdayakan.


"Karena itu, pada tempatnya lah, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, mengucapkan terima kasih kepada PLN wilayah I Sumatera Utara, atas bantuanCSRyang diberikan. Ini menunjukkan, bahwaPLNwilayahISumateraUtara memberikan perhatian lebih terhadap generasi muda kita untuk dapat mengembangkan potensi potensi yang ada," ujarnya.


Untuk itu,kepadapara karang taruna, untuk memanfaatkan dan mengembangkan bantuan yang diberikan untuk kegiatan yang positif dan produktif.Sehingga, karang taruna di tempat ini, dapat menjadi contoh bagi karang taruna dan generasi muda lainnya, dalam menciptakan lapangan kerja dan kemandirian usaha.


"Bersamaan dengan kegiatan penyerahanCSR PLNwilayahI Sumatera Utara kepadaKarangTarunaGarudaDesaSialangKecamatanBangunPurba, hari ini, kita telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan musholaKantorCamatBangunPurba," ujarnya.


Wabupjugaberharap, jangan hanya sekedar dilakukan peletakan batu pertama. "Saya perintahkan kepada camat, untuk segera menyelesaikan pembangunannya, agar mushola dapat dimanfaatkan oleh seluruh staf dan masyarakat secara umum," ucapnya.


Yusuf Siregarjugaingin mengingatkan kembali kepada semua di tempat ini, dalam menghadapi pandemi covid-19, agar senantiasa melindungi diri dengan mematuhi protokol kesehatan."Dan kita sama-sama berdoa, semoga pandemi covid 19 ini, segera berakhir, dan kondisi sosial ekonomi masyarakat, dapat pulih kembali," harapnya.


ManajerPT PLNLubuk Pakam,Evan Suseno Sirait mengatakan ada agenda serius penyerahan simbolis CSR dari PT PLN Persero dalam program PLN peduli. PLN terus-menerus Sebagai bagian dari perpanjangan tangan pemerintah untuk turut serta membangun masyarakat.


"Khususnya pada hari ini PLN memberikan CSR kepada karang taruna Garuda Desa Sialang melalui program PLN peduli . PLN mengharapkan dengan adanya program ini akan ada geliat ekonomi dan akan ada perbaikan ekonomi melalui bantuan ini, khususnya para pemuda nantinya akan dapat menjadi pelopor dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang di Desa Sialang terlebih di kabupaten Deli Serdang," ujarnya.


Setelah proses yg sangat panjang dan berkat kerja keras timKarangTaruna Garuda Desa Sialang yang terus menunjukkan upaya membangun dan menunjukkan citra dan hal itu menjadi bagian evaluasi bagi pihak PLN yg menjadi pertimbangan untuk menilai kegiatan yang perlu didukung dan Puji Syukur bahwa karang taruna desa ini dapat berhasil.Di Sumatera Utara PLN sudah memberikanbeberapa CSR.


Pada beberapa daerah juga sudah diberikan dukungan dengan program serupa seperti pengolahan kopi Sikartadi TapanuliSelatan dan sudah mengikuti program ekspedisi dan juga mengikuti pengembangan desa wisata.


PLN terus berusaha dalam meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat dan pada kesempatan kali ini, kopi Sikarta dari Desa Sialang dan disamping ini ada beberapa program UKM seperti pembuatan handicraft.


"Kami berharap seluruh pengurus karang taruna dan pelaku UKM agar tahun depan muncul unit-unit baru, gerai-gerai baru dan dapat kumpul disini untuk tumbuh dan berkembang," ungkapnya.


PT PLN Persero juga menyerahkan CSR dengan jumlah dana sebesar Rp.185.100.000,-. Beberapa bulan kedepan PLN akan kembali meninjau desa Sialang untuk melihat perkembangan Desa Sialang.


Sebelum acara penyerahan CSR, Wakil Bupati juga menghadiri peletakan batu pertama pembangunan mushola di kantor camat Bangun Purbapenyerahan bibit pohon dan peneyerahan kaos kepada kepala DusundariWakilBupati Deli Serdang sebagai bentuk Pencanangan Program Kepala Dusun Peduli Kemajuan Dusun (PEMANDU).


Acara dilanjutkan denganpenyerahan8kunci bedah rumahlayak hunidan santunan kepada anak yatimserta penyerahanCSR dari PLN kepada Wakil Bupati Deli Serdangdan diberikan kepada Ketua Karang Taruna Garuda Desa Sialang. (BS05)


Tag:karang tarunaKecamatan Bangun PurbaPT PLN PerseroPemkab Deli Serdangkunci bedah rumahPenyerahanrumah layak huni