Politik & Pemerintahan

Sekaitan Pilkada 2020, Gubernur Sumut Lantik Pjs Kepala Daerah di 11 Kabupaten/Kota


Sekaitan Pilkada 2020, Gubernur Sumut Lantik Pjs Kepala Daerah di  11 Kabupaten/Kota
beritasumut.com/BS03

Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik sepuluh Pejabat Sementara (Pjs) kepala daearah di 10 kabupaten/kota yang akan menyelengkarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020. Pelantikan dilaksanakan di di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Jumat (25/09/2020)

Kesebelas Pjs tersebut, masing-masing Ir Arief Sudarto Trinugroho MT sebagai Pjs Walikota Medan, Arief saat ini menjabat Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Pemprov Sumut. Kemudian Dr Kaiman H Turnip (Kepala Badan SDM Diklat) sebagau Pjs Bupati Pakpak Bharat, Ir H Dahler Lubis MSi (Kepala Dinas Pertanian) sebagai Pjs Bupati Mandailing Natal, DR drs H Ismael Sinaga (Kepala Disdukcapil) sebagai Pjs Walikota Tanjungbalai, Drs H Basarin Yunus Tanjung (Kabiro Otda) sebagai Pjs Bupati Asahan, Larso Marbun SH MHum (Inspektur Provsu) sebagai Pjs Bupati Samosir, Dr Ria Telaumbanua (Kadis Pariwisata) sebagai Pjs Bupati Nias Selatan, Ir H Abdul Harris Lubis MSi (Kadis Perhubungan) sebagai Pjs Walikota Gunung Sitoli, Drs H Muhammad Fitriyus SH MSc (Assisten Setdaprovsu) sebagai Pjs Bupati Labuhanbatu, Harianto Butar-butar MSi (Kadisnaker) sebagai Pjs Bupati Toba Samosir dan Ir H Irman MSi (Kepala Badan Litbang) sebagai Pjs Bupati Serdang Bedagai

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, selama kepala daerah menjalankan cuti untuk menjalankan kampanye Pilkada, Pjs Bupati dan Wali Kota bertanggungjawab kepada Menteri Dalam Negeri, melalui Gubernur Sumut, melakukan tugas dan kerja sesuai dengan tugasnya. Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, dalam kondisi mewabahnya pandemi Covid-19, ia mengajak seluruh penjabat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah diberikan kesempatan untuk dilantik sebagai Pjs Bupati dan Wali Kota.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19, kita masih bisa berusaha berbuat dalam kelola pemerintahan, yaitu pelantikan pengukuhan pejabat. Baik itu penjabat (Pj) dan Penjabat sementara (Pjs)," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, saat upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Bupati dan pengukuhan Pjs Bupati dan Wali Kota, serta penunjukan Plt Bupati.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho, mengatakan, salah satu tugas sebagai Pjs adalah memastikan agar pelaksanaan pilkada berlangsung dengan sukses dan lancar. Dia juga menyebutkan, meskipun mempunyai hak pilih, ASN harus bersikap netral.

"Sesuai dengan aturan ASN harus netral. Soal hak suara itu, itu soal lain digunakan di bilik suara. Sebelum itu tak boleh memihak,” ujarnya.

Arief juga menekankan pentingnya untuk lebih disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.(BS03)


Tag:Kepala daerahPelantikan Pjs WalikotaPilkada 2020Pilkada MedanPjs BupatiPjs Walikota