Senin, 22 Januari 2018
pilkada beritasumut.com

Kemenag dan Dukcapil Sepakat, Pencatatan Nikah Hanya Akan Gunakan KTP Elektronik

Minggu, 12 November 2017 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna menjamin ketunggalan data kependudukan di Indonesia, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan hanya akan melayani pencatatan nikah pasangan calon pengantin (catin) yang sudah memiliki KTP Elektronik (KTP-el). Hal itu termaktub dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dengan Ditjen Bimas Islam  Kementerian Agama.
 
Penandatanganan PKS antara kedua belah pihak dilakukan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrulloh dan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam yang diwakili Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen, pertengahan pekan ini, di Jakarta.
 
Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Anwar Sa'adi  mengatakan, kerja sama ini menuntut adanya dukungan anggaran guna menyediakan jaringan komunikasi data dari Dukcapil kepada KUA Kecamatan untuk satu titik jaringan secara terpusat.  
 
"Salah satu klausul PKS ini mengatur bahwa Kementerian Agama mewajibkan penduduk Calon Pengantin (catin) pria dan catin wanita untuk memiliki KTP-el. Selain itu, Kemenag juga memberikan pelayanan bagi penduduk yang menjadi catin pria dan catin wanita berdasarkan KTP-el dengan tidak mempertimbangkan tempat penerbitan KTP-el dengan menyesuaikan/mengganti persyaratan KTP setempat menjadi KTP-el dalam persyaratan pelayanan," paparnya yang dilansir dari kemenag.go.id, Minggu (12/11/2017).
 
PKS ini juga mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak. Berdasarkan PKS ini, KUA Kecamatan mendapat  hak akses  pemanfaatan dan validasi nomor induk kependudukan (NIK), data kependudukan dan data KTP-el pada aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang ada pada Dukcapil. Sebaliknya, Dukcapil juga dapat mengakses data nomor akta nikah yang ada pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) milik Ditjen Bimas Islam untuk kelengkapan database kependudukan.
 
"Karena itu, pada tahap awal, kerjasama ini tidak dilakukan di semua KUA Kecamatan. Sebab, masih banyak KUA yang belum tersambung jaringan internet. Bagi KUA Kecamatan yang belum online masih dapat menggunakan KTP non elektronik," sambung Anwar.
 
Anwar menambahkan, KUA Kecamatan yang belum tersambung jaringan internet akan  dibangun jaringan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Dari 5.707 jumlah KUA se Indonesia baru 2.858 yang sudah online," rincinya.
 
PKS tentang pemanfaatan NIK dan data kependudukan ini berlaku hingga Juli 2020 dan kemudian dapat diperpanjang. PKS ini dibuat menindaklanjuti MoU yang sudah dilakukan pada tahun 2015 yang lalu. (BS02)
T#g: Dukcapil KTP-el KUA Nikah PKSKemenag
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Marataman Siregar Apresiasi Kinerja Kapolres Padangsidimpuan Berantas Narkoba

    Beritasumut.com–Ketua DPC Hanura Kota Padangsidimpuan H Marataman Siregar mengapresiasi kinerja Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S

  • 2 hari lalu

    Milad ke-22 KBIH Jabal Noor, Wakapolda Sumut Hadiri Tabligh Akbar dan Peletakan Batu Pertama Pesantren

    Beritasumut.com-Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH, didampingi para pejabat utama Polda Sumatera Utara menghadiri kegiatan

  • 2 hari lalu

    Polres Simalungun Ringkus Jaringan Narkoba di Pematangsiantar, 1 dari 6 Pelaku Berstatus DPO

    Beritasumut.com-Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun yang dikomandoi Kasat Resnarkoba Polres Simalungun AKP MS Ritonga SH, kembali berh

  • 2 hari lalu

    Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

    Beritasumut.com-Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Din

  • 2 hari lalu

    JOOX Hadirkan Live Streaming Seoul Music Awards ke-27 untuk pecinta K-Pop di Indonesia

    Beritasumut.com-JOOX membuka tahun 2018 dengan menghadirkan tayangan langsung secara ekslusif konser BIGBANG, MAMA & MMA secara live streaming

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.