Rabu, 22 November 2017
pilkada beritasumut.com

Disahkan, Perppu Ormas Penegasan Komitmen Pemerintah Pada Pancasila

Selasa, 24 Oktober 2017 23:35:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/DETIK.COM
Beritasumut.com-Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan akhirnya disahkan sebagai Undang-Undang di rapat paripurna DPR. Pengesahan Perppu dilakukan lewat mekanisme voting. Hasilnya tujuh fraksi menerima, sisanya tiga fraksi, yakni Gerindra, PKS dan PAN menolak.
 
Usai menghadiri rapat paripurna, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, ia sebagai wakil pemerintah menghormati proses yang terjadi dalam rapat paripurna DPR. Memang ada perbedaan sikap. Tapi menurutnya itu adalah hal yang wajar. Tapi yang perlu ditegaskan kata dia, Perppu Ormas adalah bentuk penegasan komitmen pemerintah dalam menjaga Pancasila dan NKRI.
 
"Perppu ini dalah penegasan komitmen Pemerintah, komitmen Pak Jokowi terhadap ideologi Pancasila yang harus kita pertahankan," ujar Tjahjo, dilansir dari laman resmi kemendagri, Selasa (24/10/2017).
 
Tapi Tjahjo terus terang merasa kecewa, ada anggota dewan mengatakan Presiden Jokowi telah melanggar UUD 1945. Justru lewat Perppu Ormas, pemerintah yang tentunya juga Presiden Jokowi, ingin menegaskan komitmennya pada amanat konstitusi dan juga Pancasila."Tadi cukup sedih kalau ada anggota dewan yang mengatakan Pak Jokowi melanggar UUD 45. Justru dengan Perppu ini beliau ingin menegaskan komitmennya pada Pancasila," katanya.
 
Tjahjo mengingatkan, tugas menjaga Pancasila, adalah tugas semua warga negara. Bukan hanya pemerintah. Termasuk anggota DPR yang juga punya program empat pilar.  Prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus menjadi komitmen bersama.  Dan, Perppu bagian dari sebuah proses untuk penegasan itu.
 
Terkait revisi UU Ormas, atau Perppu, menurut Tjahjo, pemerintah dalam posisi terbuka. Tapi Tjahjo menegaskan, revisi tak menyentuh posisi Pancasila dan UUD 1945. Itu sudah jadi prinsip. Sudah final. Tak bisa diganggu gugat lagi. Siapa pun tak boleh mengotak-atik itu."Jangan sampai revisinya Pancasila dan UUD 1945. Kalau itu sudah final. Sebagai ideologi ini harus final. Orang mau berhimpun, berserikat, berpartai, berkelompok dengan dasar agama, kepentingan, aspirasi, daerah, suku, agama, sah," ujarnya.
 
Namun Tjahjo menegaskan,  sebagai ormas atau kelompok sekecil apapun,  termasuk itu kelompok reuni atau organisasi wartawan tetap harus menempatkan Pancasila sebagai ideologi. Ditegaskannya juga Pancasila bukan alat politik. Pancasila itu ideologi."Apalagi tadi mengatakan dengan Perppu ini pemerintah mau seenaknya, bukan," katanya.
 
Terkait poin-poin yang diminta untuk direvisi, kata Tjahjo, pemerintah akan melihat dulu. Prinsipnya,  sepanjang yang penting ada revisi, tentu akan direvisi secara  terbatas. Tjahjo juga bercerita,  dulu zaman  SBY ada dua Perppu yang dibahas sama-sama. Bahkan dirombak bersama-sama pula.
 
"Jadi enggak masalah. Kan apapun penyusun kan DPR bersama-sama dengan pemerintah. Jadi kami enggak ada masalah soal setuju dan enggak setuju ya kami memahami sebagai lembaga politik," ujarnya.
 
Tapi kata dia yang harus diingat, Presiden mengeluarkan Perppu Ormas yang kemudian disampaikan ke DPR untuk dibahas serta disetujui karena yakin kalau parlemen juga punya komitmen sama. Komitmen untuk menjaga ideologi Pancasila. Kalau kemudian ada yang mengatakan, presiden atau pemerintah melanggar hukum, itu tidak tepat. Sebab, bagi yang  tak  setuju tetap diberi kesempatan menggugat itu secara hukum."Memberi kesempatan di MK, sekarang MK sedang sidang. Mau PTUN, silahkan PTUN, ada prosesnya," pungkasnya. (BS02)
 
T#g:DPROrmaspancasilaPemerintahPerppu OrmasPresiden
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Kapoldasu dan Pangdam I/BB Tinjau Simulasi Kirab Pernikahan Putri Presiden di Medan

    Beritasumut.com-Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri meninjau pelaksanaan simulasi atau gladi kirab b

  • 11 jam lalu

    Erry Nuradi Beri Nasehat Sebagai Patuan Raja Parlindungan Siregar Kepada Kahiyang Ayu

    Beritasumut.com-Setelah dipersunting Bobby Nasution sebagai istri, akhirnya Kahiyang Ayu telah resmi dinobatkan sebagai boru Siregar melalui sidang

  • 16 jam lalu

    Presiden Jokowi: Ideologi Pancasila Harus Terus Disampaikan kepada Anak-Anak

    Beritasumut.com-Nilai-nilai ke-Indonesia-an, kesopanan, kesantunan, semua yang terkandung dalam ideologi Pancasila harus terus disampaikan kepada a

  • kemarin

    Pasukan Pengamanan Pernikahan Putri Presiden RI Digelar Polda Sumut

    Beritasumut.com-Apel Gelar Pasukan untuk pengamanan pesta pernikahan putri putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasu

  • kemarin

    Evi Diana Erry Nuradi Tegaskan Perlindungan Anak Tanpa Diskriminasi

    Beritasumut.com-Ketua Penasehat Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara Hj Ny Evi Diana Erry Nuradi menegaskan bahwa perlindungan t

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.