Politik & Pemerintahan

CPO Fund Diharapkan untuk Infrastruktur Jalan dan Pelabuhan


CPO Fund Diharapkan untuk Infrastruktur Jalan dan Pelabuhan
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Crude Palm Oil
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H T Erry Nuradi mengharapkan dana pungutan sawit (CPO Fund) dapat dikembalikan kepada industri sawit yang lebih efektif melalui pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pelabuhan.
 
“Kami juga mengharapkan dana pungutan sawit (CPO Fund) dapat dikembalikan kepada industri sawit lebih efektif melalui pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pelabuhan,” ujar Gubsu saat acara Pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) di Santika Dyandra Hotel, Medan, Kamis (01/09/2016).
 
Dikatakan Erry, pihaknya menyambut positif pembentukan Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) oleh pemerintah untuk membantu pengembangan industri sawit, termasuk di Sumatera Utara.
 
Saat ini, lanjutnya, banyak jalan membutuhkan perbaikan infrastruktur terutama pada sentra perkebunan rakyat dan banyak pula hambatan ekspor akibat keterbatasan fasilitas pelabuhan.
 
“Dengan dana Pemda (Pemerintah Daerah) yang terbatas, maka dengan keberadaan BPDPKS dapat membangun infrastruktur jalan yang akan menurunkan time handling, menurunkan biaya transportasi pengangkutan TBS,” ujarnya lagi.
 
Menurut Gubsu, hal ini akan sangat membantu petani dan pelaku usaha sawit lainnya untuk memperoleh margin yang lebih baik dan tentunya akan meningkatkan perekonomian Sumatera Utara.
 
BPDPKS diharapkan juga dapat membantu pendanaan bagi para petani kelapa sawit di Sumatera Utara yang saat ini sebagian sedang ataupun memasuki masa replanting. Persyaratan bantuan pendanaannya dipermudah.
 
Selain itu, Gubsu juga mengimbau BPDPKS agar tidak hanya melibatkan bank-bank nasional, tetapi juga bank daerah seperti Bank Sumut untuk penyaluran bantuan kepada kebun rakyat ataupun kegiatan BPDPKS yang terkait dengan sawit di Sumatera Utara. (BS03)

Tag: Pemerintah