Peristiwa

Ratusan Warga Belawan Terjaring Razia Masker, Tak Bawa KTP Dihukum Push Up


Ratusan Warga Belawan Terjaring Razia Masker, Tak Bawa KTP Dihukum Push Up
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pemerintah Provinsi Sumut semakin gencar melakukan Razia Masker untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sumatera Utara, khususnya wilayah Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang). Seperti hari ini, Rabu (26/08/2020), pada razia yang memasuki hari ketiga ini berlokasi di Jalan Stasiun, tepatnya depan Terminal Bandar Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Sebelumnya Razia dimulai Pukul 10:00 WIB, Tim yang terdiri dari aparat gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Sumut dan Kota Medan, POM AL, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Dinas Perhubungan Kota Medan, Polresta Belawan, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta unsur Kecamatan Medan Belawan melakukan Apel bersama.

Hadir Sekretaris Pol PP Kota Medan, Rakhmat Adi Syahputra Harahap, Kasat Pol PP Provinsi Sumut, Suriadi Bahar, Kapolsek Belawan, Kompol Daniel Jefri Naibaho, Kabid Penertiban Umum Satpol PP Kota Medan, Reyes Sihombing, dan Perwakilan Bagian Tapem Setda Kota Medan serta Camat Belawan.

Sekretaris Pol PP Kota Medan, Rakhmat Adi Syahputra Harahap, Pemko Medan Bersama Pemerintah Provinsi Sumut akan terus menggelar razia masker dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker di wilayah Mebidang. Dengan adanya Razia ini dapat menekan angka penyebaran Virus Covid-19 dimana jumlah warga yang terpapar terus meningkat.

"Kami terus mengingatkan warga untuk taat dan patuh terhadap anjuran yang disampaikan Pemerintah Terkait Covid-19 demi kebaikan kita bersama. Artinya dibutuhkan komitmen dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat untuk memerangi virus Covid-19 ini. Dengan memakai masker maka kita aka melindungi diri dan orang lain," ungkapnya, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (26/08/2020).

Dalam razia tersebut, aparat gabungan berhasil menjaring sebanyak 106 warga yang tidak mengenakan masker. Sementara dari jumlah itu, sebanyak 88 warga mendapatkan hukuman push up karena tidak dapat menunjukkan identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selanjutnya warga yang kedapatan tidak mengenakan masker didata, dan KTP mereka ditahan selama tiga hari. Bagi warga yang KTP nya ditahan diberikan Surat Berita Acara penanganan kartu identitas sebagai bukti untuk ditunjukkan pada saat pengambilan KTP di Kantor Satpol PP Kota Medan usai penahanan selama 3 hari.

Kemudian seluruh warga yang terjaring diberikan masker dan diingatkan untuk selalu menggunakan masker jika beraktifitas keluar rumah. Razia masker ini akan terus dilakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker guna menghentikan penyebaran Covid-19. Apalagi, saat ini jumlah warga khususnya di Kota Medan yang terpapar Covid-19 terus meningkat.

Sekretaris Pol PP Kota Medan menyebut, adapun tujuan digelarnya razia masker untuk menegakkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Serta Peraturan Gubernur (Pergub) Pemprov Sumut Nomor 34 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. (BS09)

Tag:COVID 19COVID-19Medan BelawanPemko MedanRazia MaskerSatpol PP