Peristiwa

Penjara Penuh, 8 Tahanan Polsek Medan Area Kabur, 3 Berhasil Ditangkap Polisi


Penjara Penuh, 8 Tahanan Polsek Medan Area Kabur, 3 Berhasil Ditangkap Polisi
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Akibat ruang penjara melebihi kapasitas, delapan tahanan Polsek Medan Area kabur dari sel penjara. Namun tiga yang sempat kabur dan bersembunyi di salah satu tempat, berhasil diserap petugas Polsek Medan Area. Sedangkan, lima tahanan lainnya yang belum tertangkap masih diburu petugas gabungan Polsek Medan Area.

"Kita masih memburu para tahanan yang belum ditangkap. Bagi tahanan kabur yang belum ditangkap akan ditindak dengan keras," ucap Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chaniago SH MH kepada wartawan, Jumat (07/08/2020).

Kompol Faidir menjelaskan, penangkapan itu dilakukan dengan perlawanan dan baku hantam dengan tahanan yang sempat kabur namun tidak dapat melarikan diri di seputaran Polsek Medan Area. "Ruang utama sel tahanan ada yang rusak dan pecah menggunakan dengan tangan. Sehingga dengan kejadian itu, pihak Polsek Medan Area meningkatkan pengamanan untuk tahanan yang ingin mencoba kabur dari dalam sel," paparnya

Atas kejadian itu, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mendadak sidak ke Polsek Medan Area untuk mengarahkan pengamanan untuk lebih diperketat lagi. Dari kejadian itu, sejumlah petugas Polsek Medan Area turut diperiksa oleh Petugas Propam Polrestabes Medan.

Sementara para tahanan yang belum tertangkap itu terlibat kasus pencurian dan narkotika jenis sabu. "Ada tiga tahanan kabur kasus pencurian dan dua lagi kasus narkoba," tambah Faidir. Kompol Faidir menambahkan, saat petugas melacak keberadaan para tahanan itu menuju ke kawasan Jermal 15 dan lokasi lainnya.

Disebutkannya, peristiwa kaburnya tahanan itu pada hari Jumat tanggal 7 Agustus sekitar pukul 05.30 WIB. Di saat petugas menjaga situasi di depan Mako Polsek Medan Area. "Kita tetap ingin menciptakan suasana aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Medan Area," ujarnya.

Terpisah, Kanit Paminal Polrestabes Medan Iptu Suhaily Hasibuan SH MH yang ikut sidak ke Polsek Medan Area mengaku, melihat peristiwa tahanan nekat kabur Karena kapasitas sel tahanan yang ada itu sudah melebihi kapasitas atau overkapasitas. Sehingga terjadi tidak kenyamanan untuk tahanan yang ada itu. "Apapun ceritanya bagi yang belum tertangkap harus diburu sampai dapat. Kita juga sudah mengetahui ciri-ciri pelaku yang kabur dari sel Polsek Medan Area," jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Pancur Batu.

Dari informasi di Polsek Medan Area, nama tahahan yang kabur tersebut diantaranya :
1. Agus Salim warga jalan Rawa 1, Gang Sadar.
2. M Nur alias Amek, warga Tembung Pasar 7.
3. Sayuti Husni Rambe, warga Medan Denai.
4. Horas Simbolon, warga Jalan Seksama.
5. Ramlan Nainggolan, Warga Jalan Elang, Simpang Jalan Rajawali Mandala.

Sementara 3 orang yang berhasil diringkus kembali atas nama Muhammad Yogi, Hendrawan dan Wanda Sembiring. Para tahanan yang belum tertangkap itu terlibat kasus pencurian dan narkotika. (BS04)

Tag:NarkobaPencuriPenjara PenuhPolrestabes MedanPolsek MedanAreaTahanan Kabur