Peristiwa

Pemkab Humbahas Lakukan Sosialisasi Pengembangan Food Estate


Pemkab Humbahas Lakukan Sosialisasi Pengembangan Food Estate
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor SE memimpin Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbahas dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat melalui aplikasi zoom meeting. Masyarakat nampak antusias mengikuti diskusi dan memperhatikan setiap penjelasan seputar Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbahas

Dalam paparannya, Bupati menyampaikan bahwa Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi yang dikembangkan oleh Pemerintah sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam jangka panjang.

"Akibat Pandemi Covid-19, arus perdagangan bahan pangan yang masih sangat tergantung pada impor mengalami gangguan, sehingga Pemerintah merumuskan kebijakan untuk mewujudkan lumbung pangan melalui Food Estate," ujar Bupati dilansir dari laman humbanghasundutankab.go.id, Minggu (09/08/2020).

Diberitakan sebelumnya, bahwa Presiden Jokowi mengundang Bupati Humbang Hasundutan ke Istana untuk membahas pembangunan Food Estate pada tanggal 20 Juni 2020. Kabupaten Humbang Hasundutan dicanangkan sebagai salah satu lokasi penerapan Food Estate, dengan basis tanaman hortikultura, seperti kentang, bawang merah dan bawang putih.

Hal ini semakin dikuatkan dengan kunjungan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo ke Kabupaten Humbahas. Pada kunjungan tersebut, Menteri Pertanian memantau langsung kondisi alam Kabupaten Humbahas yang sangat sesuai untuk pertanaman Hortikultura dan penerapan Food Estate.

Terkait hal itu, Dosmar mengharapkan dukungan semua lapisan masyarakat dalam mensukseskan program ini. “Dibutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak agar program Food Estate ini dapat berjalan sukses," terangnya.

Hadir dalam FGD ini, Anggota DPR RI Komisi V drh Jhoni Allen Marbun, Anggota DPR RI Komisi VI Ir Lamhot Sinaga, Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah (Kemendagri), Drs Makmur Marbun, Anggota DPRD Sumut Irwan Simamora, Pantur Banjarnahor, Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumbangaol, Forkopimda, Sekretaris Daerah Drs Tonny Sihombing, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, Tokoh Politik, Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Kelompok Tani, Anak Perantau, Mahasiswa dan lainnya.(BS09)


Tag:Food EstateHumbahasPemkab Humbahas