Peristiwa

MTQ Sumut ke-37, Gubernur Edy Rahmayadi Berikan Hadiah Tiket Umrah untuk Qari/Qariah Berprestasi


MTQ Sumut ke-37, Gubernur Edy Rahmayadi Berikan Hadiah Tiket Umrah untuk Qari/Qariah Berprestasi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bangga atas capaian dan prestasi para qari/qariah yang berlomba pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kota Tebing Tinggi. Selain memberikan hadiah uang tunai, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga akan memberikan hadiah umrah gratis bagi para pemenang lomba.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumut Asren Nasution saat diwawancarai di Sekretariat MTQ ke-37 Sumut di Hotel Malibou, Jalan Jenderal Sudirman Tebing Tinggi, Kamis (10/09/2020).

“Sebagai wujud apresiasi, sebanyak 6 orang qari dan qariah akan mendapatkan hadiah umrah. Empat orang akan dibiayai Pak Gubernur dan dua orang peserta yang juara dibiayai Bapak Walikota Tebing Tinggi, yang mendapatkan pun cabang perlombaan yang memang punya tingkat kesulitan yang tinggi, seperti tilawah putra/putri, penghafal Alquran 30 Juz putra/putri, Tafsir Bahasa Arab putra/putri dan Qirat Alquran Mujawad putra/putri,” ujar Asren.

Tidak hanya itu, menurut Asren, bagi qari dan qariah yang berprestasi juga diberikan uang pembinaan. Yaitu sebesar Rp6.000.000 untuk Juara 1, Rp5.000.000 Juara 2 dan Rp4.000.000 untuk Juara 3. Kemudian untuk Harapan 1 mendapatkan uang pembinaan Rp3.000.000, Harapan 2 Rp2.000.000 dan Harapan 3 Rp 1.000.000

Sejumlah hadiah dan bonus tersebut, kata Asren, rencananya akan diserahkan langsung Gubernur Edy Rahmayadi pada acara penutupan MTQ ke-37. “Dengan mempertimbangkan MTQ ini memperebutkan Piala Gubernur, maka Bapak Gubernur Edy pun akan memimpin langsung upacara penutupan,” terangnya.

Usai penyelenggaran MTQ ke-37 ini, Asren berharap dapat memunculkan semakin semangat baru di tengah masyarakat untuk kembali mempelajari Alquran. “Semakin tumbuh semangat untuk mempelajari Alquran, sebab Alquran adalah tuntunan hidup bagi kita umat muslim,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Palid Muda Harahap juga mengharapkan usai pelaksanaan MTQ ke-37, pembinaan di kabupaten/kota yang ada di Sumut harus lebih ditingkatkan lagi, agar bisa meraih hasil maksimal. “Para kafilah akan kembali ke daerahnya masing masing. Semoga dapat meningkatkan pembinaan kepada para qari/qariah, hafiz/hafizah dan peserta cabang lomba lainnya, sehingga kualitas mereka meningkat pada perlombaan MTQ berikutnya,” tambahnya.

Bagi para qari/qariah yang berhasil menjadi juara pada setiap cabang perlombaan, katanya, akan diberikan pelatihan khusus di training center (TC). Karena mereka nantinya akan mewakili Sumut menjadi peserta di MTQ Tingkat Nasional Tahun 2020. “Tanggal 13 September 2020 akan diresmikan TC bagi para peserta, khusus pemenang golongan Kaligrafi Alquran akan diberangkatkan langsung ke Sukabumi, untuk latihan dan belajar di sana,” ujarnya. (Rel)


Tag:Edy Rahmayadigubernur sumutHadiah UmrohMTQ SumutPemprov Sumut