Peristiwa

Kota Sabang Diguncang Gempa, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang


Kota Sabang Diguncang Gempa, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Masyarakat di wilayah Kota Sabang, Banda Aceh, diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.Hal ini ditegaskan oleh Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan terkait adanya gempa bumi tektonik pada Kamis (18/6/2020) pukul 17.56 WIB tadi.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," ungkap Edison seraya mengatakan bahwasanya gempabumi dengan kekuatan magnitudo 4.4 terletak pada koordinat 5.62 LU dan 95.28 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 km Barat Daya Kota Sabang pada kedalaman 16 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Aceh," sambung kepada wartawan.

Edison menambahkan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sabang pada skala III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)."Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," pungkasnya.(BS09)


Tag:Acehgempagempa bumisabangTsunami