Peristiwa

Kapolsek Medan Helvetia dan Tokoh Ulama Silaturahmi ke Juru Kunci Makam Atok Uteh


Kapolsek Medan Helvetia dan Tokoh Ulama Silaturahmi ke Juru Kunci Makam Atok Uteh
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Ditemani tokoh-tokoh Ulama besar di Kota Medan dan Sumut, Kapolsek Medan Helvetia Kompol Pardamean Hutahaean SH SIK, melaksanakan kegiatan Jumat Silaturahmi dengan keluarga besar juru kunci makam Atok Uteh di Jalan Klambir V Gang Al-Badar VI, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Jumat (07/08/2020).

Kedatangan Kapolsek beserta rombongan disambut hangat oleh keluarga juru kunci makam Atok Uteh yaitu Atok Basar. "Tok, mohon maaf jadi merepotkan Atok nih," ucap Kompol Pardamean sambil mencium tangan sosok laki-laki yang dia perlakukan seperti Orangtuanya.

Senyum khas Atok Basar menandai kesenangan hatinya kembali dikunjungi oleh Kapolsek terpancar dari raut wajahnya yang semakin menua. "Gak papa Nak, Atok sama Andong sangat senang kok, sambil mengajak Kapolsek dan rombongan langsung ke meja yang sudah tersedia makan sarapan pagi yang telah dia siapkan sambil berujar. Mari kita sarapan dulu ya Nak," timpalnya.

Saat sarapan berlangsung, diselingi dengan dialog-dialog kecil, Buya KH Zulfikar Hajar Lc, salah satu dari tokoh Ulama Kota Medan dan Sumut, sempat menayakan seputaran tentang makam Atok Uteh yang kononnya merupakan penyebar Agama Islam pada zamannya.

Makam Atok Uteh yang dijaga oleh Juru Kunci Atok Basar ini sempat membuat geger dunia maya, dikarenakan sosok seorang Kapolsek yang notabenenya seorang yang beragama Non Muslim bisa mengetahui dan sangat dekat dengan juru kunci makam Tokoh Muslim tersebut. "Ini makam kalau saya lihat dari batu nisannya, sudah sangat tua dan kalau tidak salah di zaman 16 Masehi atau 17 Masehi," ucap salah satu dari rombongan tersebut.

Usai dari melihat-lihat seputaran makam Atok Uteh, Ustadz Amhar Nasution langsung memimpin doa untuk arwah Atok Uteh dan diaminkan oleh para rombongan. "Ada beberapa faktor dari maksud dan tujuan berziarah ini, salah satunya, agar semuanya yang hidup ini menyadari bahwasanya yang hidup ini tidak ada yang kekal, kekal itu hanya milik Allah SWT," ucap Ustadz Amhar Nasution.

Sebelum meninggalkan lokasi pemakaman, Buya KH Zulfikar Hajar Lc berujar, Tok Basar, bersyukurlah mempunyai sosok Kapolsek yang begitu dekat dengan masyarakat. "Kalau saya lihat dari Atok menyambutnya sudah bukan seperti orang lain lagi bagi keluarga besar Atok," tutup KH Zulfikar Hajar Lc. (BS04)

Tag:Juru KunciKapolsek HelvetiaMakam AtokUtehPardamean HutahaeanTanjung GustaTokoh Ulama