Peristiwa

Kapolda Sumut Paparkan Tangkapan 55 Kilo Sabu, 15 Pengedar Ditangkap, 2 Pelaku Ditembak Mati


Kapolda Sumut Paparkan Tangkapan 55 Kilo Sabu, 15 Pengedar Ditangkap, 2 Pelaku Ditembak Mati
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Polsek jajaran Polrestabes Medan berhasil mengungkap dan sita 55 kilogram narkotika jenis sabu-sabu. Dalam pengungkapan tersebut, dua pengedar tewas ditembak mati karena melakukan perlawanan saat ditangkap petugas.

Kapolda Sumatra Utara, Irjen Pol Martuani Sormin, didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko mengatakan, 55 kilogram sabu-sabu ini diperoleh dari 2 jaringan bandar narkoba berbeda, yakni jaringan Medan-Aceh-Pekanbaru, dan Medan-Aceh-Surabaya. "Hari ini ada jaringan baru yang kita ungkap, sekarang langsung melibatkan dari Surabaya, di mana barang bukti 40 kilogram sabu-sabu," ucap Kapolda di Rumah Sakit Bhayangkara, Senin (20/07/2020). sore.

Kapolda didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Wakasatres Narkoba Kompol Doly Nainggolan, Kapolsek Medan Baru Kompol Aris Wibowo, Kapolsek Patumbak Kompol Arvin Fahreza dan Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi.

Dia menyebut, 40 kilogram sabu-sabu yang dikemas dalam bungkusan teh tersebut diungkap oleh personel Polsek Medan Baru di salah satu hotel di Medan. "Sementara, sisanya sekitar 15 kilogram sabu diperoleh dari jaringan Medan-Aceh-Pekanbaru oleh personel Polsek Patumbak, Polsek Sunggal, dan Polsek Kutalimbaru," jelas Kapolda.

Dalam pengungkapan ini, sebut Martuani, pihaknya mengamankan 15 orang tersangka dan dua ditembak mati. "Tersangka total 15 orang, 2 orang dilakukan tindakan keras tegas tepat terukur (ditembak mati) karena mengancam keselamatan petugas," papar Kapolda.

Selain barang bukti 55 kilogram yang dipasok dari Malaysia, sambung Martuani, pihaknya turut mengamankan barang bukti lain berupa 6 unit roda empat, 5 unit roda dua, dan 27 unit ponsel. Selain itu, Kapolda Sumut mewanti-wanti warga Kota Medan terkait peredaran narkotika. "Saya meminta tolong kepada masyarakat untuk menjaga anak-anak kita terhadap peredaran narkoba. Mohon bantuan melapor apabila ada yang memperjualbelikan narkoba," tandas Irjen Pol Martuani Sormin. (BS04)


Tag:ditembak matiJaringan NarkotikaKapolda SumutKriminalMartuani SorminNarkobaPolrestabes Medansabu