Peristiwa

Dukung Program Kampung Hijau Pertamina, Ibu-Ibu Semangat Hijaukan dan Berdayakan Daerahnya


Dukung Program Kampung Hijau Pertamina, Ibu-Ibu Semangat Hijaukan dan Berdayakan Daerahnya
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Membangun mimpi bersama memang tak mudah, bahkan niat saja ternyata tidak cukup, butuh semangat dan komitmen kuat untuk bergerak. Hal tersebut diperlihatkan para ibu anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) baru di Kelurahan Tubo, Ternate Utara. Setelah mengikuti Focus Group Discussion (FGD) beberapa waktu lalu, rasa ingin tahu anggota KWT baru seputar pengelolaan lahan dan penanaman sayuran semakin besar.

Guna mewadahi keingintahuan dan semangat belajar para anggota KWT baru, Kampung Hijau Pertamina menyepakati jika pada Kamis (03/09/2020) dilakukan pembelajaran berupa teori dan praktik seputar pengelolaan dan penanaman sayuran. Sebelum pembelajaran dimulai, dengan semangat membuncah para ibu anggota KWT bahu membahu membersihkan lahan sebagai kebun komunal baru yang letaknya tak jauh dari lokasi kebun komunal KWT lama. Kebun komunal ini akan ditanami berbagai macam sayuran yang hasil panennya bisa dinikmati bersama dan bisa dijadikan komoditi utama Kelurahan Tubo.

“Pembelajaran menanam di kebun komunal nanti akan lebih memudahkan ibu-ibu memahami dan mengingat bagaimana proses menanam. Selain memberikan teori, kami juga akan melakukan praktik supaya tidak kebingungan jika sudah mulai menanam sendiri di rumah,” tutur Rusydi, Penyuluh Pertanian.

Kegiatan yang dihadiri seluruh anggota KWT baru dan penyuluh pertanian serta anak-anak muda di sekitar lokasi berjalan lancar, efektif, dan efisien. Melalui semangat gotong royong dan kerjasama, pembersihan lahan kebun komunal dapat terselesaikan dengan baik dan memuaskan. Teh hangat dan roti menemani rehat setelah seharian bekerja keras di kebun.

Menurut Rusydi, Pertamina DPPU Baabullah dan Dompet Dhuafa Pendidikan sangat membantu masyarakat khususnya ibu rumah tangga dalam hal penghijauan lingkungan, ketahanan pangan, dan peningkatan pendapatan serta kesehatan.

“Kami bersyukur bisa menjadi anggota KWT baru di Kelurahan Tubo, kami bertekad belajar sungguh-sungguh demi hasil terbaik,” tutup Nurhida, Ketua KWT Bougenville, Tubo.(rel)


Tag:PertaminaProgram Kampung Hijau