Peristiwa

Akhyar Salurkan Bantuan Zakat untuk 100 Warga Kurang Mampu di Belawan


Akhyar Salurkan Bantuan Zakat untuk 100 Warga Kurang Mampu di Belawan
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali menyalurkan bantuan kepada 100 orang warga kurang mampu yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), di Kantor Lurah Medan Belawan, Selasa (14/07/2020).

Bantuan ini merupakan zakat para muzakki (pemberi zakat) yang dihimpun Baznas Sumut dan Medan. Diharapkan, bantuan zakat ini dapat meringankan beban warga kurang mampu yang semakin sulit menyusul pandemi Covid-19 yang menerpa Kota Medan sejak akhir Maret lalu.

Akhyar menyerahkan bantuan zakat secara simbolis kepada 5 orang warga secara simbolis disaksikan Ketua Baznas Provinsi Sumut H. Amansyah, Ketua Baznas Kota Medan H. Azwar, tokoh masyarakat H. Palit Muda Harahap serta Camat Medan Belawan Ahmad. Para warga tampak sangat bersuka cita dengan bantuan zakat yang diberikan tersebut. Selain meringankan beban mereka, bantuan juga dapat digunakan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya pendistribusian bantuan zakat. Sebab, kegiatan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu juga untuk memberikan stimulus kepada masyarakat, terutama umat Muslim untuk memberikan sebagian rezekinya kepada orang-orang yang membutuhkan," kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya berharap, bantuan zakat yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kemudian Akhyar berpesan agar kegiatan penyaluran bantuan zakat jangan bersifat seremonial. Sebab, semua penerima zakat merupakan para mustahiq yang sangat membutuhkan bantuan umat Muslim agar bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka untuk keberlangsungan masa depannya.

Apalagi kondisi saat ini imbuh Akhyar, masih pandemi Covid-19 yang berdampak sosial bagi sebagian masyarakat Kota Medan. "Ada yang menurun penghasilannya hingga kehilangan total atas penghasilannya.
Itu sebabnya pentingnya zakat untuk kemaslahatan umat harus terus disosialisasikan oleh Baznas Kota Medan. Tujuannya tentu saja untuk lebih memaksimalkan potensi pembayaran zakat umat Muslim yang berguna untuk pengembangan ekonomi umat Islam," ujarnya.

Terkait itu, Akhyar pun berharap ke depannya umat Muslim, khususnya di Kota Medan dan Sumut akan mau dan mampu memunaikan berbagai kewajiban zakat demi kemaslahatan umat Islam.

"Semakin banyak zakat, infak dan sedekah yang terkumpul, insya Allah akan semakin sejahteralah kehidupan umat Muslim di kota yang kita cintai ini," harapnya.

Ketua Baznas Kota Medan, Azwar S menjelaskan, pendistribusian zakat ini dilakukan berkat kerjasama Baznas Kota Medan dan Provinsi Sumut yang berasal dari para muzakki. Adapun bantuan zakat yang diberikan tersebut, jelas Azwar, berupa beras sebanyak 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 kg serta uang sebesar Rp.150.000. Sebelum di Kecamatan Medan Belawan, pagi harinya Baznas Kota Medan & Provinsi Sumut juga telah menyalurkan bantuan kepada warga kurang mampu di Kecamatan Medan Helvetia.

"Bantuan zakat yang diberikan ini tidak besar, tetapi diharapkan dapat membantu meringankan warga kurang mampu di tengah pandemi Covid-19, termasuk dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat," ujar Azwar.

Sementara itu menurut Ketua Baznas Sumut H. Armansyah menjelaskan, bantuan zakat yang disalurkan itu berasal dari para muzakki di Sumut, termasuk Kota Medan. Dikatakannya, penyaluran telah dilakukan sejak bulan suci Ramadhan lalu.

"Penyaluran bantuan zakat kita khususkan kepada warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Sejak bulan puasa sampai saat ini, kita telah menyalurkan bantuan zakat dengan total nilai sebesar Rp.3 miliar lebih kepada warga kurang mampu di Sumut, termasuk Kota Medan," terang Armansyah.(BS07)


Tag:Akhyar NasutionPlt Walikota MedanBantuan