Peristiwa

Utamakan Keselamatan, 8.328 Calon Jemaah di Sumut Ditunda Keberangkatannya Tahun Ini


Utamakan Keselamatan, 8.328 Calon Jemaah di Sumut Ditunda Keberangkatannya Tahun Ini
BERITASUMUT.COM/IST

Plt Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Sumut) HM David Saragih SAg MM

Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memastikan bahwa keberangkatan Jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M dibatalkan. Kebijakan ini diambil karena Pemerintah harus mengutamakan keselamatan jemaah di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang belum usai.

Plt Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Sumut) HM David Saragih SAg MM mengetahui hal tersebut melalui terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M, Selasa (02/06/2020).

“Pak Menteri sudah membacakan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah. Untuk itu, tugas Kanwil Kemenagsu untuk melaksanakan surat keputusan tersebut dan akan kami sosialisasikan ke Kab/Kota untuk diberitahukan kepada seluruh jemaah haji Sumatera Utara. Saya berharap kita bisa dengan lapang dada dan berserah diri Kepada Allah atas apa yang menimpa kita saat ini, Insya Allah ada hikmah di balik semua ini,” ungkap Plt Kakanwil Kemenagsu seperti dilansir dari laman sumut kemenag, Rabu (03/06/2020).

Plt Kakanwil Kemenagsu mengatakan bahwa ada 8.328 orang calon jemaah haji di Sumatera Utara yang tertunda keberangkatannya tahun ini. Dan dari jumlah tersebut, sebanyak 8.132 calon jemaah haji yang melunasi pembayaran.

“Para jemaah yang tertunda keberangkatannya tahun ini bakal menjadi prioritas untuk berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2021. Dan otomatis yang berangkat tahun 2021 akan diundur di tahun berikutnya, begitu seterusnya,” lanjut Plt. Kakanwil Kemenagsu.

Plt. Kakanwil Kemenagsu juga menjelaskan bahwa Keenag memberi opsi bagi jemaah yang hendak menarik kembali biaya haji yang sudah lunas. Kemenag akan mengembalikan biaya tersebut dengan prosedur dan mekanisme yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat dengan tetap berpacu pada keputusan pemerintah pusat.(BS09)


Tag:COVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronaHaji