Peristiwa

Terkait Kebakaran, Pedagang Dorong DPRD Medan Bentuk Pansus Aksara


Terkait Kebakaran, Pedagang Dorong DPRD Medan Bentuk Pansus Aksara
Beritasumut.com/BS04
Kebakaran di Aksara Plaza

Beritasumut.com-Pedagang pasar Aksara mendorong DPRD Medan membentuk Panitia Khusus (Pansus) Aksara terkait kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh kios pedagang. Hal ini sekaligus untuk menjawab kecurigaan para pedagang Pasar Aksara.

"Kami mendesak agar DPRD membentuk Pansus. Pansus Aksara Gate yang mengusut kebakaran ini," kata Marsian Purba kepada anggota DPRD Medan Boydo HK Panjaitan di Gedung Dewan, Selasa (19/07/2016).

Marsian menyerahkan pernyataan yang meminta DPRD Medan mengusut terbakarnya Pasar Aksara dan Buana Plaza bersama dengan pedagang lain. Permintaan itu ditandatangani bersama oleh parapedagang.

Kepada anggota dewan, Marsian Purba menyampaikan kecurigaannya, mengenai unsur dugaan kesengajaan Aksara dibakar. Pemadaman dinilai lambat sehingga api meluluhlantakkan seluruh bagian Pasar Aksara dan Gedung Buana Plaza."Kalau kebakarannya hanya lima jam, mungkin nggak sampai ke lantai III. Tapi, karena kami merasa ada unsur pembiaran dan pemadam kebakaran kurang profesional. Ya diduga ini dibakar dan sengaja dibiarkan," katanya.

Dia juga menyampaikan keanehan lainya. Pasar Aksara dan Buana Plaza terbakar setelah kerjasama (MoU) pengelolaan antara Pemko Medan dan pihak ketiga berakhir. Pedagang mengakui, tidak memiliki kekuatan untuk mendorong mengungkap kebakaran Pasar Aksara."Kami tak bisa menyentuh pak. Yang bisa menyentuh adalah lembaga bapak," katanya.

Pedagang juga meminta agar DPRD Medan dan Pemko Medan memberi perhatian kepada pedagang. Penanganan cepat, baik lokasi sementara hingga permanen, agar para pedagang bisa mencari nafkah. "Yang kami butuhkan sekarang adalah pekerjaan. Apa itu, ya pembentukan tempat sementara yang layak, kalau ditinggalkan malam tetap aman," katanya.(BS03)


Tag: