Peristiwa

Soal Kasus Tahanan Tewas di Sel, Kapolres Tobasa Siap Diperiksa


Soal Kasus Tahanan Tewas di Sel, Kapolres Tobasa Siap Diperiksa
beritasumut.com/ilustrasi
Ilustrasi penjara

Beritasumut.com-Kapolres Tobasa, AKBP Jidin Siagian mengaku siap diperiksa soal adanya tudingan rekayasa dalam kematian tahanan narkoba Polres Tobasa, Andi Pangaribuan di sel tahanan Polres Tobasa, Sabtu, 6 November 2015 silam.

Dikatakannya, untuk mengungkap secara jelas kasus ini, Jidin menyarankan untuk dibentuk tim investigasi independen atau tim audit yang bekerja agar pernyataan rekayasa yang diungkapkan sekelompok pihak terungkap kebenarannya, .

Dikatakan Jidin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/06/2016), dirinya tidak melindungi anggotanya yang bersalah namun harus dengan fakta yang jelas. Menurutnya, seluruh keterangan yang disampaikan terkait kasus tersebut adalah hasil temuan di TKP, keterangan penjaga tahanan, tahanan yang bersama Andi Pangaribuan di tahan di sel.

"Kalau keterangan itu tidak benar isinya diberikan kepada saya bukan saya yang disalahkan, yang memberikan keterangan kepada saya yang disalahkan namun saya berpikir mungkin kah keterangan penjaga tahanan, tahan yang dua orang juga hasil otopsi bohong?" sebut Jidin.

Untuk itu, dirinya meminta dibentuk tim investigasi atau audit yang independen yang bekerja tulus dengan hati nurani.

Dia juga menyesalkan, pernyataan adanya rekayasa dalam kasus tersebut dan bila rekayasa tidak benar maka yang membuat pernyataaan rekayasan harus ditindak hukum.

"Kalau tidak benar rekayasa yang memberitakan, yang mengatakan dimedia, dimedsos atau menyebarkan opini diproses secara hukum yang berlaku jangan  nanti setelah diproses mereka yang berbicara di medsos dan media, menyebar opini kriminalisasi," ujarnya.

Dalam kasus kematian Andi Pangaribuan, Subdit III/Jahtanras Polda Sumut telah menetapkan dua anggota Polres Tobasa, Linton Chandra Pangaribuan dan Marco Panata Purba sebagai tersangka atas kasus tersebut. Hal tersebut dibenarkan Kasubdit III/Jahtanras Ditreskrimum Poldasu, AKBP Faisal Napitupulu.(BS04)


Tag:Tobasa