Peristiwa

Sebanyak 44.191 Siswa SD di Medan Ikuti Ujian Nasional


Sebanyak 44.191 Siswa SD di Medan Ikuti Ujian Nasional
Beritasumut.com/BS02-rel
Marasutan Siregar saat mendampingi walikota Medan meninjau pelaksanaan UN di SD Pertiwi, Senin (16/05/2016)

Beritasumut.com-Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar mengatakan, Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan diikuti sebanyak 44.191 siswa. Hal ini disampaikan Marasutan saat mendampingi Walikota Medan untuk meninjau langsung pelaksanaan Hari pertama pelaksanaan UN di SD Pertiwi Medan, Senin (16/05/2016).

Menurut Marasutan, UN akan berlangsung selama 3 hari ditambah ujian lokal yang juga berlangsung 3 hari. Dia berharap, pelaksanaan UN tingkat SD ini berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMP yang telah berlangsung lebih dulu.

“Untuk UN tingkat SMA sudah pengumuman, siswa yang tidak lulus rata-rata karena mereka tidak ikut ujian. Insya Allah siswa yang mengikuti UN, lulus keseluruhannya. Harus diingat, tujuan digelarnya ujian ini ada 3, yakni sebagai indikator pemetaan standard nasional, sebagai pertimbangan memasuki jenjang yang lebih tinggi serta sebagai alat pembinaan,” jelas Marasutan.

Dipaparkan Marasutan, apabila ada sekolah yang hasil UN-nya rendah bukan diberi sanksi atau teguran melainkan dilakukan pembinaan terhadap sekolah yang bersangkutan bekerjasama dengan pihak pusat. “Tahun lalu sekolah-sekolah yang rendah nilainya dipanggil ke pusat dan ditanggung seluruh transportnya. Di sana (pusat) diberikan anggaran lagi untuk biaya pembinaan terhadap guru-gurunya. Sebab, naskah ujian itu sudah dipelajari dan materi yang diujikan tidak boleh lari dari kisi-kisi yang telah ditetapkan. Kisi-kisi itu pun sudah disampaikan dan kita pun telah melakukan pelatihan terhadap seluruh guru di Kota Medan,” paparnya.

Di waktu bersamaan, Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi juga meninjau pelaksanaan UN di SD Swasta Sutomo-1 Jalan Jambi Medan. Kedatangan Akhyar diterima oleh Kepsek SD Sutomo-1, Helen SSi Apt yang didampingi KUPT Dinas Pendidikan Kota Medan Perjuangan, Nurchadidjah. Berdasarkan pantauan Wakil Walikota Medan, Pelaksanaan UN di SD Swasta Sutomo-1 berjalan lancar. Peserta ujian sebanyak 712 siswa yang ditempatkan dalam 72 ruangan kelas.

Marasutran mengatakan, peninjauan Ujian Nasional di hari pertama ini dilakukan oleh banyak aparatur pemerintahan. Selain Walikota dan Wakil Walikota, peninjauan juga dilakukan Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis yang diwakili Kabid Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Medan, Masrul. Sekda Kota Medan meninjau pelaksanaan UN di SD Model Al Azhar Medan. Diketahui SD Al-Azhar Model mendaftarakn siswanya sebanyak 22 orang yang ditempatkan di 2 ruangan. Saat peninjauan berlangsung, Syaiful Bahri disambut oleh Kepala Sekolah SD Model Al azhar, Eriza Dahlia SPd. (BS02)


Tag:Ujian