Peristiwa

Sebanyak 2.500 Paket Zakat Profesi Digulirkan Kemenag Padangsidimpuan


Sebanyak 2.500 Paket Zakat Profesi Digulirkan Kemenag Padangsidimpuan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan menyalurkan zakat profesi serta infaq ASN kepada masyarakat. Penyerahan zakat prosfesi secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Kantor di kantor Kementerian Agama kota Padangsidimpuan, dengan tetap menjalani protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Kakan Kemenag RI Padangsidimpuan, H Saripuddin mengatakan, untuk pendistribusian/penyaluran zakat profesi kepada masyarakat, dilaksanakan di 15 lokasi yang berbeda. "Lokasi mulai dari kantor kemenag kota padangsidimpuan, Kantor Urusan Agama (KUA) se-kecamatan dan madrasah se-kota Padangsidimpuan," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Rabu (06/05/2020).

Dijelaskannya, zakat profesi yang terkumpul dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag dan disalurkan untuk 6 (enam) kecamatan itu berjumlah Rp.500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah). "Selain itu, sebanyak 2.500 paket zakat juga dibagikan, dengan rincian masing-masing masyarakat mendapat 10 kg beras dan uang tunai Rp.100.000,- (Seratus Ribu Rupiah)," sambungnya.

Kegiatan penyaluran zakat ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian kemenag terhadap kaum dhuafa dalam rangka menjalani puasa di bulan suci Ramadhan. "Kita sekaligus meringankan beban masyarakat terdampak ekonomi di tengah wabah corona di Kota Padangsidimpuan," sebutnya.

Selain zakat profesi, katanya, Kemenag Padangsidimpuan juga memberikan kitab Al-Qur’an kepada para Hafiz Qur’an se-kota Padangsidimpuan. "Sumber dananya dari infaq ASN Kemenag kota Padangsidimpuan sebesar Rp 66.000.000,- (Enam Puluh Enam Juta Rupiah)," tandasnya.

Sementara itu, Yatinem dan Yasiem warga Pudunjae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, sebagai salah satu penerima zakat mengucapkan terima kasihnya. "Alhamdulilah, ini patut kita syukuri. Ini momen yang tepat untuk saling berbagi, ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan yang telah memberikan zakat kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Semoga keluarga besar Kemenag diberikan keberkahan," pungkasnya. (BS09)


Tag:COVID 19COVID-19Kemenag PadangsidimpuanKemenag RisembakoZakat Profesi