Peristiwa

Sail indonesia 2019 Diselenggarakan di Kepulauan Nias


Sail indonesia 2019 Diselenggarakan di Kepulauan Nias
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sail Indonesia 2019 ini akan dipusatkan di Kepulauan Nias sekaligus sebagai tuan rumah. Karenanya, para Kepala Daerah se-Kepulauan Nias dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (RI) serta Kementerian terkait lainnya melaksanakan rapat bersama, di Aula Pendopo Bupati Nias Selatan, Jalan Pancasila No 1 Telukdalam awal pekan kemarin.
 
Dalam pemaparan narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Asrul SPi, menjelaskan tujuan pelaksanaan Sail tersebut adalah sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Kemudian menggalang keterpaduan, sinergi program dan anggaran listas Kementerian/Lembaga dan Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan. "Tujuan lainnya yaitu mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional. Kita ingin mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di Negara Kepulauan, dan mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal ke perairan Indonesia," katanya selaku narasumber yang mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dilansir dari Niasselatankab.go.id, Minggu (09/12/2018).
 
Selanjutnya, Asrul menjelaskan beberapa fase kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Sail itu, meliputi rangkaian persiapan kegiatan, dan pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor termasuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menyambut Sail tersebut. "Puncaknya ada aksi seremonial, gelar budaya, pameran, bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, atraksi kelautan dan peresmian beberapa pelaksanaan pembangunan. Kemudian kegiatan pasca Sail adalah melakukan keberlanjutan pembangunan, dan menikmati pembangunan itu secara optimal," jelasnya sembari mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan Sail akan dilakukan beberapa pertemuan dan pengecekan lokasi oleh Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengecek persiapan.
 
Sementara itu, Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Kosmas Harefa menyebutkan rencana pelaksanaan Sail tersebut pada awal Desember 2019. "Rencananya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, sehingga diharapkan kegiatan Sail tersebut harus dipersiapkan dengan baik. Karena setiap perkembangan atas capaian kegiatan akan dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritaman dan Presiden RI," ujarnya. (BS02)

Tag:Kabupaten NiselKepulauan NiasLaut NiasMenko KemaritimanSail Indonesia