Rabu, 22 November 2017
pilkada beritasumut.com

Profesor Zulkarnain Lubis: Mandailing Bukan Batak

Senin, 13 November 2017 21:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Kumpulan masyarakat orang Mandailing secara tegas menyatakan bahwasanya suku Mandailing itu bukan merupakan bagian dari suku Batak. Hal itu diungkapkan melalui pernyataan sikap bersama masyarakat Mandailing, Senin (13/11/2017).
 
Profesor Zulkarnain Lubis yang turut serta dalam pernyataan sikap tersebut mengatakan, tidak ada siapapun yang berhak mengklaim tentang suatu komunitas kecuali komunitas itu sendiri. Karenanya, hal itu sebut dia, juga berlaku pada suku Mandailing. "Saya yakin itu. Tidak berhak orang mengklaim kalian bagian dari kami. Jadi hanya orang Mandailing juga lah yang berhak menyatakan ia adalah Mandailing, bukannya yang lain," ungkapnya kepada wartawan, Senin (13/11/2017).
 
Untuk itu, tegas dia, sebagai putra dan anak Mandailing, harusnya mengakui dan sadar jika dia adalah Mandailing. Karena semakin besar pengakuan itu, imbuh dia, maka Mandailing akan mendapat pengakuan menjadi etnik yang berdiri sendiri. "Maka jadilah dia orang Mandailing, bukan Batak. Harusnya seluruh orang Mandailing menyadari dan tidak ada yang boleh membantah itu. Karena kita berhak dan merdeka untuk menyatakannya. Jadi kalau ada yang bilang Mandailing adalah Batak, itu urusan mereka," jelasnya.
 
Sebagai orang Mandailing, tutur dia, harusnya juga bisa menunjukkan dan menguatkan identitasnya sebagai orang Mandailing. "Mudah-mudahan orang Mandailing sadar bahwa suku Mandailing, bangsa Mandailing bukan Batak," harapnya.
 
Senada dengan itu, Prof M Yamin Lubis menyebutkan, berdasarkan catatan sejarah Mandailing tentunya adalah Mandailing. Untuk itu hal ini harus diluruskan dan dimurnikan, karena hal itu merupakan hak dari orang Mandailing. "Itu hak kita. Saya bangga, saya tidak merasa cemas, karena hak kita sebagai Mandailing. Kalau ada yang merasa gerah, silahkan saja, itu pendapat. Sebab Mandailing itu milik kita bukan orang lain. Jadi tidak perlu takut menyatakan Mandailing bukan Batak," terangnya.
 
Begitupun H Syahrir Nasution SE MM menambahkan, pada dasarnya tidak ada yang bisa lari dari sejarah. Begitu pula persoalan Mandailing ini, ujar dia, sebenarnya sudah berlangsung dalam kurun waktu berabad abad. "Karenanya saya bangga kepada generasi muda Mandailing. Jadi bila ada yang tidak sependapat dengan ini silahkan saja, sebab pedati akan jalan terus, dan penumpang yang tidak senang silahkan turun," tegasnya.
 
Dalam pernyataan sikap tersebut, ditegaskan, bahwa mencermati perkembangan dan perubahan sosial budaya Mandailing telah mengalami pergeseran ke arah yang salah terutama tentang persepsi yang dibangun kolonial Belanda sudah dibantah sejak 1922. Selanjutnya persepsi bahwa Mandailing adalah sub etnis Batak merupakan sebuah kekeliruan yang fatal dalam memahami sejarah.
 
Untuk itu, ditegaskan kembali bahwa Mandailing berdiri sendiri diantara etnis/suku lainnya dalam menopang janji setia terhadap NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Pernyataan ini dibuat untuk dipahami setiap generasi Mandailing dikemudian hari, dan himbauan kepada masyarakat Mandailing untuk mendukung dan ikut menyatakan Mandailing bukan Batak. (BS03)
 
T#g:batak
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Pengurus Parsadaan PARNA Indonesia Periode 2017-2022 Resmi Dilantik

    Beritasumut.com–Awal September lalu keturunan Raja Nai Ambaton telah sukses menggelar musyawarah besar (Mubes), di Hotel Emerald Garden, Jala

  • 2 bulan lalu

    Dandim 0209/LB:Budaya Sangat Berperan di Bidang Pertahanan dan Keamanan

    Beritasumut.com-Komandan Kodim 0209/Labuhan Batu Letkol Czi Denden Sumarlin SE mengatakan bahwa Kodim 0209/LB sangat mendukung pelaksanaan Mubes ke

  • 3 bulan lalu

    Sabtu Mendatang, Tobatak Festival di Samosir Akan Tampilkan Lagu-lagu Batak Lama

    Beritasumut.com-Pagelaran Musik Internasional bertajuk Tobatak Festival di Samosir dipastikan akan berlangsung pada Sabtu (12/08/2017) mendatang. D

  • 4 bulan lalu

    Buat Marga Simarmata, Punguan Simataraja Kota Pekanbaru Sekitarnya Gelar Syukuran ke-39 Tahun

    Beritasumut.com-Ketua Panitia Pesta Ulang tahun ke-39 Punguan Simataraja Kota Pekanbaru Sekitarnya, Kimson Simarmata mengajak seluruh marga Simarma

  • 4 bulan lalu

    Seminar Budaya Batak Dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Naposo/Generasi Muda Silauraja se-Jabodetabek

    Beritasumut.com-Perkumpulan Generasi Muda Silauraja se-Jabodetabek resmi telah dibentuk di Jakarta, acara ini dirangkai dengan pelantikan pengurus

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.