Peristiwa

Polisi Tangkap Tiga Komplotan Penggelapan Mobil Mewah di Tanjung Morawa


Polisi Tangkap Tiga Komplotan Penggelapan Mobil Mewah di Tanjung Morawa
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Polsek Medan Baru berhasil menangkap tiga orang komplotan terlibat penggelapan mobil mewah di Jalan Pahlawan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Ketiga pelaku yang diamankan itu masing-masing yakni, Nurliah (60) warga Jalan Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Atei (50) warga Jalan Tanjung, Kecamatan Tanjung Morawa dan Aho (25) warga Karya 7, Kecamatan Medan Helvetia.

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing kepada wartawan, Jumat (17/04/2020) malam mengatakan, penangkapan itu berdasarkan laporan bernomor LP/461/IV/2020/SU/tanggal 15 April 2020 Restabes Medan/SPK Medan Baru dari laporan Dedy Syahputra (40) warga Jalan Pasar Senin, Kampung Baru Medan.

"Kejadian bermula pada Senin (11/04/2020), korban Hendri Temaluru SH membeli mobil Kijang Inova BK 1652 GO tahun 2017 warna abu-abu metalic milik Zimi dari Showroom 134 yang berada di Jalan Nibung Medan. Kemudian korban mempercayakan mobil tersebut kepada saksi pelapor atas nama Berman Tanjung," ujarnya.

Dijelaskannya, pada saat itu juga pelaku datang menemui saksi pelapor dan menawarkan ingin merental mobil tersebut perbulan dengan biaya sewa sebulan sebesar Rp 10.000.000. "Mendengar penawaran tersebut maka saksi pelapor memberitahu Hendri Temaluru bahwa ada orang yang ingin merental mobil tersebut untuk pihak Bank Permata. Mendengar penawaran tersebut korban merasa penawaran pelaku cocok untuk bisa membantu angsuran mobil tersebut, maka setelah terjadi kesepakatan saksi pelapor langsung menyerahkan kunci beserta STNK mobil tersebut," papar Kapolsek Medan Baru.

Setelah bulan pertama dan kedua, kesepakatan berjalan lancar dan pelaku tepat waktu untuk membayarkan uang rental tersebut. Namun setelah bulan ke tiga pelaku tidak membayar uang rental dan selanjutnya saksi pelapor berusaha mencari dan menghubungi pelaku namun pelaku tidak bisa dihubungi dan ditemui.

"Kemudian pada Rabu (15/04/2020) korban dan saksi pelapor berusaha bersama mencari keberadaan pelaku dan diketahui bahwa pelaku bukanlah karyawan Bank Permata. Selanjutnya korban dan saksi pelapor mencari keberadaan mobil tersebut dan diketahui lokasi mobil sesuai dengan GPS mobil berada di Tanjung Morawa," ungkapnya.

Korban lalu meminta bantuan kepada Kepling setempat, diketahui mobil tersebut berada di dalam gudang Aho dan kemudian Kepling coba memediasi namun tidak berhasil karena Aho merasa mobil tersebut miliknya, yang dia beli dari laki-laki yang tidak disebutkan namanya, saat diminta keterangan oleh korban dan Kepling saat itu.

"Atas kejadian tersebut korban merasa keberatan dan membuat laporan ke Polsek Medan baru. Selanjutnya, pada Kamis (16/04/2020) sekira pukul 14.00 WIB Unit Reskrim Polsek Medan Baru mendapatkan informasi dan hasil penyelidikan, bahwasannya pelaku penggelapan atas nama Aho sedang berada di Jalan Pahlawan. Tim langsung bergerak dan melakukan penggeledahan di dalam gudang Aho dan benar ditemukan satu unit mobil Kijang Inova warna abu-abu metalik BK 1652 GO," paparnya.

Polisi mengamankan pelaku dan mengintrogasi pelaku dan dirinya mengakui telah menerima mobil hasil penggelapan. Kemudian tim langsung mengamankan mobil dan pelaku tersebut. Dari pelaku, petugas menyita barang bukti satu unit mobil Kijang Innova BK 1652 GO dan STNK mobil. "Mereka sudah dijebloskan ke penjara," tandasnya. (BS04)


Tag:Kriminalpenggelapan mobilPolsek MedanbaruTanjung Morawa