Peristiwa

Peringatan Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan, Akhyar Nasution Ikut Tanam Pohon


Peringatan Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan, Akhyar Nasution Ikut Tanam Pohon
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan gerakan menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan (KAM) di halaman Sekolah Luar Biasa Yayasan Karya Murni Medan, Jalan Citra Wisata, Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Jumat (25/09/2020).

Diharapkan melalui Peringatan Hari Ekologi ini dapat menjadikan kita lebih peduli dan cinta terhadap lingkungan. Penanaman pohon jambu air ini dilakukan secara Simbolis oleh Plt Wali Kota Medan bersama Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan, Pastor Erwin Manulang, Pimpinan Yayasan Karya Murni Medan, Suster Kristin Pasaribu dan disaksikan tamu yang hadir.

Dikatakan Plt Wali Kota Medan, atas nama Pemko Medan dirinya mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Peringatan Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan, apalagi Peringatan ini diisi dengan aksi penanaman pohon. Tentunya aksi ini salah satu upaya dalam menjadikan Kota Medan lebih hijau ke depannya.

"Melalui Peringatan Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan ini saya berharap semakin banyak masyarakat yang lebih mencintai alam dan merawat lingkungan. Sebab masih ada ditemukan masyarakat yang belum mencintai dan menganggap pohon sebagai penghalang rezeki, padahal manfaat pohon utu sendiri banyak dalam kehidupan kita khususnya dalam memberikan kesejukan udara," kata Plt Wali Kota Medan.

Selanjutnya Akhyar berpesan agar setelah ditanam hendaknya seluruh pohon ini dapat di jaga dan dirawat sehingga nantinya akan memberikan manfaat bagi lingkungan kita. "Mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih dan sejuk untuk dapat diwariskan kepada anak cucu kita," ungkap Akhyar.

Akhyar berpesan, penanaman pohon ini jangan hanya sekedar menanam saja, tetapi harus dirawat dan diperhatikan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. "Menanam itu nikmat tapi lebih nikmat lagi merawat tanaman itu sendiri. Dia tidak hanya sekedar tanam dan tumbuh saja, tetapi kita juga harus merawatnya dengan penuh cinta agar dia tumbuh dengan indah," ujar Akhyar.

Komisi Pendidikan, Pastor Erwin Manulang menjelaskan bahwa hari ekologi juga merupakan hari bersih dan peduli lingkungan bagi seluruh umat Keuskupan Agung Medan. Melalui Peringatan Hari Ekologi ini Jemaat diingatkan Kembali untuk melihat lingkungan hidup adalah bagian dari diri kita. Artinya Bumi adalah ibu kita yang memberikan kita penghidupan dan memberikan kita makan.

"Di Peringatan Hari Ekologi ini, seluruh Keuskupan Agung Medan diminta untuk menjaga dan memelihara lingkungan atau bumi kita agar tetap memberikan kehidupan bagi kita. Artinya jangan kita mengeksploitasikan bumi untuk kepentingan pribadi semata. Untuk itu bersama kita menjaga alam dan menjaga Ekologi," katanya.

Dijelaskan Pastor Erwin Manulang, aksi penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Ekologi ini dilakukan sebagai wujud kita dalam menjaga lingkungan khususnya di Kota Medan. Apalagi kami mengetahui Bapak Akhyar sangat senang dalam menanam dan merawat pohon. "Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Plt Wali Kota Medan yang telah berkenan hadir dan menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan”, ungkapnya.

Hadir Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Medan Ceperianus Gea, Pimpinan OPD diantaranya Kadis Lingkungan Hidup Armansyah Lubis, Camat Medan Johor Zul Fachri Ahmadi serta para siswa siswi Yayasan Karya Murni Medan. (Rel)


Tag:Akhyar NasutionHari EkologiKeuskupan AgungPemko MedanTanam Pohon