Peristiwa

Pemkab Lumajang Kunjungan Kerja ke Medan, Pelajari Smart City


Pemkab Lumajang Kunjungan Kerja ke Medan, Pelajari Smart City
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Lumajang, diwakili Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lumajang, Yoga Pratomo, melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan, Jumat (25/09/2020). Selain menjalin silaturahmi, kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang Implementasi Smart City dan Pola Pembelajaran Daring dan Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi di Medan.

Kedatangan tamu dari Lumajang ini diterima oleh Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan SI Dongoran, didampingi Kepala Dinas Kominfo Medan, Zain Noval SSTP MAP, dan Kadis Pendidikan Medan, Adlan MPd.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Command Center Dinas Kominfo, Yoga Pratomo mengatakan, sebagai upaya mewujudkan Smart City, Pemkab Lumajang juga telah merencanakan pembangunan fasilitas pusat kendali berbasis teknologi informasi yang terintegrasi atau command center. Karena itulah mereka melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan yang telah mempunyai command center.

Memenuhi keingintahuan dari Pemkab Lumajang ini, Kadis Kominfo Medan memaparkan secara rinci tentang Medan Smart City, termasuk penerapan di masa pandemi Covid-19 ini. Dia menerangkan, selain berbagai aplikasi pendukung smart city, di masa pandemi ini Pemko telah membangun aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Online), website Covid 19 Kota Medan, Aduan Bantuan Sosial Covid-19, Distribusi Alat Kesehatan Covid-19, Dana Bantuan/Hibah Covid-19, Logistik Covid-19, Data Pasien Covid-19 Medan, dan Data Pasien Covid-19 Nasional.

“Berbagai aplikasi ini berperan dalam penanganan pandemi Covid-19,” terang Zain Noval, seraya memaparkan, Pemko Medan juga telah memiliki berbagai aplikasi pendukung smart city, antara lain Simda Keuangan, E-Perencanaan Daerah, SIM Kepegawaian, SIM Kependudukan, Sibisa, SIM Pelayanan Perizinan Terpadu, Area Traffic Control System, Perpustakaan Online, SIKAP, Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan LAPOR.

Disebutkannya, konsep Medan Smart City melingkupi smart environment, smart mobility, smart government, smart economy, smart people, smart living, dan smart disaster. "Medan termasuk salah satu kota dari 100 smart city," tegasnya.

Pertemuan ini berlangsung secara dialogis. Noval memaparkan berbagai pengalaman dan program yang telah dilaksanakan Pemko Medan terkait dengan smart city. Atas sambutan yang baik ini Yoga Pratomo pun menghaturkan terima kasih. Dia mengakui, pengalaman yang diperolehnya dari Pemko Medan menjadi masukan berharga dalam dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Lumajang. Di akhir pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu dilakukan saling tukar cinderamata antara Pemko Medan dan Pemkab Lumajang. (Rel)


Tag:Bupati LumajangPemkab LumajangPemko MedanSmart City