Peristiwa

Pelaku Pencurian Senilai Rp 1 Milyar Diamankan Polresta Deli Serdang


Pelaku Pencurian Senilai Rp 1 Milyar Diamankan Polresta Deli Serdang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Seorang pria berinisial AS (54) warga Jalan Besar Deli Tua Lingkungan VIII Kelurahan Deli Tua Barat Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang, yang diduga melakukan tindak pidana pencurian senilai Rp 1 Milyar diamankan Tim Tekab Polresta Deli Serdang, pada Jumat (25/09/2020).

Adapun kronologis pencurian yang dilakukan pelaku berawal pada Sabtu tanggal 7 Maret 2020 sekira pukul 22.00 WIB. Dimana pada saat orang tua korban Aura Amnda Br Bangun (12) warga Desa Selamat Kecamatan Biru-biru Kabupaten Deli Serdang sedang sakit lalu keluarga korban dihubungi dan berkumpul di rumah korban.

Saat itu, keluarga yang datang ke rumah sebanyak 10 orang. Lalu keluarga sepakat membawa orang tua korban ke rumah sakit Mitra Sejati di kota Medan, dengan diantar oleh keluarga sebanyak 5 orang, sedangkan 5 orang lainnya menunggu di rumah.

Selanjutnya pelaku AS yang masih punya hubungan keluarga ini, menyuruh anaknya meminta kunci lemari yang di bawa korban ke rumah sakit. Setelah itu kunci diberikan anaknya untuk diberikan kepada pelaku AS.

Usai menerima kunci, selanjutnya pelaku AS membuka lemari dan mengambil isi lemari berupa surat tanah, uang dan perhiasan emas.

Disaat pelaku AS menjalankan aksinya mengambil barang-barang tersebut di dalam lemari, salah seorang keluarga yang menunggu di rumah korban melihat peristiwa pencurian yang dilakukan pelaku AS.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp.1 milyar dan merasa keberatan, selanjutnya melaporkan peristiwa ini ke Polresta Deli Serdang.

Sat Reskrim Polresta Deli Serdang, yang sudah mengantongi identitas pelaku berupaya mencari tahu keberadaan pelaku. Baru pada Jumat, 25 September 2020 sekira pukul 14.00 WIB, tim Tekab Sat Reskrim Polresta Deli Serdang yang mendapat informasi bahwa pelaku berada di dalam rumahnya, langsung menuju ke TKP dan berhasil mengamankan pelaku AS.

Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang, Kompol Muhammad Firdaus, SIK, MH saat dikonfirmasi mengatakan tersangka AS sudah diamankan dan sedang menjalani proses hukum di Mapolresta Deli Serdang.

“Terhadap tersangka AS kita persangkakan pasal 363 ayat (1) ke-3e dari KUHPidana tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara,” ujar Kasat Reskrim. (BS05)


Tag:pelaku pencurianPolresta Deli SerdangKasus Pencurian