Peristiwa

Meriahnya Prosesi Adat Melayu Pernikahan Anak Mantan Gubsu dengan Miss Grand Internasional 2016 di Istana Maimun


Meriahnya Prosesi Adat Melayu Pernikahan Anak Mantan Gubsu dengan Miss Grand Internasional 2016 di Istana Maimun
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Meriah itulah nuansa prosesi pernikahan Tengku M. Ryan Novandi dengan Ariska Putri Pertiwi dalam balutan busana adat Melayu di Istana Maimun Medan, Jumat (01/02/2019) siang.Ryan merupakan putra sulung mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dan Evi Diana Br Sitorus. Sedangkan Ariska Putri Pertiwi, putri pasangan Letkol Arh. Sudi Warsito dan Hariati Hamzah Hasibuan yang juga Miss Grand International 2016.
 
Usai melangsungkan akad nikah di Masjid Raya Al Mashun, Medan, acara dilanjutkan dengan prosesi adat di Istana Maimun.Sang pengantin mengenakan pakaian kebesaran Melayu berwarna krim dibalut kuning keemasan. Sementara kedua orangtua mempelai juga mengenakan setelan pakaian Melayu berwarna kuning.
 
Ika sapaan akrab Ariska Putri Pertiwi terlebih dahulu tiba di Istana Maimun. Kemudian sehabis shalat Jumat, rombongan Ryan tiba.Ryan naik di atas tandu yang dipikul empat orang dari halaman Istana Maimun menuju tangga pintu masuk istana Kesultanan Deli tersebut. Sebelum menuju pelaminan, di mana pengantin wanita telah menunggu, Ryan dan keluarga dihadang bentangan kain panjang (palang pintu) yang dijaga dua pemuda. Utusan pengantin pria dan pengantin wanita saling berpantun sebelum membuka palang pintu tersebut.
 
Selanjutnya pengantin pria di antar menuju pelaminan. Namun sesampai di sana dia tidak langsung diperbolehkan duduk di pelaminan yang sedang dijaga oleh dua orang wanita yang juga merentangkan kain panjang.Pada acara yang disebut hempang kipas ini para penjaga ini ingin kembali memastikan syarat adat yang harus diberikan. Sesudahnya kedua mempelai baru diperbolehkan bersanding di pelaminan.
 
Setelah itu diadakan acara doa bersama yang dilanjutkan dengan acara tepung tawar sebagai tradisi turun menurun yang telah lama dilakukan masyarakat Melayu guna menyucikan diri. Acara ditutup dengan makan hadap-hadapan lengkap dengan lauk-pauknya dan aneka kue. Acara ini hanya diperbolehkan dihadiri oleh ibu-ibu dari kedua belah pihak.
 
Pantauan awak media, prosesi adat ini dihadiri sejumlah tokoh Sumut, luar Sumut serta sahabat Ryan dan Ariska dari mancanegara.Seperti diketahui, Ryan pernah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat. Sementara Ariska Putri Pertiwi merupakan Miss Grand International 2016 yang bergelar sarjana kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) ini.
 
Besok, Sabtu (02/02/2019) besok, resepsi pernikahan (pesta rakyat) Ryan yang merupakan Caleg DPRD Sumut nomor urut 2 dari Partai NasDem dapil 1 (Medan A) berlangsung di lapangan Benteng Medan mulai siang hingga malam hari.Ryan mengikuti sang ayah, Tengku Erry Nuradi terjun ke dunia politik di mana Tengku Erry Nuradi merupakan Caleg DPR RI nomor urut 2 juga dari Partai NasDem dapil Sumut 1 (Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi).(BS03)

Tag:Ariska Putri Pertiwiistana maimunMelayuMiss Grand Internasional 2016Tengku M. Ryan NovandiTengku M Ryan Novandi