Peristiwa

Kemenag Sibolga Gelar Bimwin Pra-nikah, Diikuti Pasangan Calon Pengantin Angkatan Pertama


Kemenag Sibolga Gelar Bimwin Pra-nikah, Diikuti Pasangan Calon Pengantin Angkatan Pertama
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Dalam upaya menyiapkan calon pengantin (catin) agar memiliki kesiapan fisik dan mental dalam membangun dan membina keluarga, maka Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sibolga melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menyelenggarakan Bimbingan Pra-nikah Bagi Calon Pengantin Angkatan I (Satu), di Aula Kantor BAZNAZ Kota Sibolga, Rabu (21/10/2020) pagi sekira pukul 08.00 WIB.

Diikuti 10 (sepuluh) pasang catin, pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Kankemenag Kota Sibolga, Dr H Bahrum Saleh MA, didampingi Kasubbag TU Masir Rambe MA, Kasi Bimas Islam Drs H Aswad.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala KUA Kecamatan Sibolga Utara Drs Noyan Hasibuan, KaKUA Kec Sibolga Kota Drs Abdul Mutholib Siregar, KaKUA Kec Sibolga Sambas Apit Marekan SAg, KaKUA Kec Sibolga Selatan Ali Imran, Tim BKKBN, Pranata Humas, dan Staf Bimas Islam.

Adapun Pelaksanaan Bimbingan Pra-nikah Catin Angkatan Pertama ini diadakan yang mana materi yang disampaikan terkait membangun keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Kakankemenag Kota Sibolga mengatakan bahwa mengucapkan kata sakinah, mawaddah, dan warahmah itu sangat mudah, akan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. "Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh suami maupun istri untuk mencapainya, yaitu saling memaafkan, saling menghormati, saling melindungi dan mengingatkan dalam kebaikan, serta selalu musyawarah dalam mencari solusi setiap masalah. Karena tujuan pernikahan adalah membuat pikiran dan hati menjadi tenang," pesannya.

Kankemenag Kota Sibolga juga menugaskan KUA untuk melakukan Bimbingan Pra-nikah/penasehatan bagi catin secara terbatas, sebelum menikahkan Catin. "Materinya sama dengan diperingkas menjadi sekitar 30 menit," tandasnya. (BS09)


Tag:Bimas IslamBimwin Pra-nikahCalon PengantinInfo KemenagKemenag Sibolga