Peristiwa

Kapal Feri Diminta "Go Show" Layani Penyeberangan Danau Toba


Kapal Feri Diminta "Go Show" Layani Penyeberangan Danau Toba
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Untuk mendukung pelayanan penyeberangan kepada wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir, PT Cipta Sarana sebagai pengelola kapal feri rute Simanindo-Tiga Ras mempertimbangkan usulan pelaku pariwisata Samosir untuk melayani penyeberangan dengan metode go show.

Usulan itu disampaikan perwakilan pariwisata Samosir, Ombang Siboro pada pertemuan di kantor pelayanan penyeberangan feri, dermaga Simanindo, Sabtu (24/10/2020).

"Saat ini sangat diperlukan jadwal feri penyeberangan, setiap harinya bersifat fleksibel. Apabila di satu dermaga penyeberangan ternyata penumpang sudah antri, seyogianya kapal feri harus segera kembali menjemput penumpang, tanpa menunggu jadwal berikutnya atau disebut go show," kata Ombang dihadapan Direktur PT Cipta Sarana, Amir Makmur Nasution.

Selain itu, dalam pertemuan singkat itu, pelaku pariwisata di Samosir juga mengusulkan beberapa upaya strategis yang sangat perlu dilakukan operator penyeberangan kapal feri di Danau Toba, seperti membuat sistim penjualan tiket dilakukan dengan sistim online dengan tujuan mempermudah akses bagi siapa saja yang memerlukan pelayanan penyeberangan kapal feri.

Pelayanan online diharapkan dapat memberi kepastian keberangkatanserta tertib disiplin bagi semua pihak, baik petugas maupun pihak masyarakat dan wisatawan yang akan menyeberang. "Saat ini informasi berbasis online dengan tersedianya pelayanan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat, mudah diakses serta harus ada call centre yang siap sedia selama 24 jam," tambah Ombang.

Sementara itu, pihak pengelola melalui Direktur PT Cipta Sarana, Amir Makmur Nasution, berjanji segera menindaklanjuti usulan baik dari unsur pelaku wisata Samosir serta mengapressiasi cara elegan dan niat baik yang dilakukan pihak pelaku wisata Samosir.

Sebelumnya, semrawutnya jadwal kapal feri penyeberangan mendapat perhatian dari Asisten Deputi Bidang Pariwisata Kemenko Maritim dan Investasi, Kosmas Harefa.

Saat dihubungi menyampaikan, persoalan ini akan menjadi perhatian dan pihaknya akan segera melakukan rapat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Harefa juga menegaskan, jadwal yang sudah dipublish ke publik harus tetap dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan dan masyarakat menuju Pulau Samosir.(BS12)


Tag:danau tobaSamosirSimanindo-Tiga RasSimanindo Tiga Rasoperasional feri di SamosirTransportasi