Peristiwa

Halal biHalal di Rumah Istri Eks Gubsu, Dua Kakek Tua Ini Malah Curi Ponsel, Akhirnya Ditangkap Polisi


Halal biHalal di Rumah Istri Eks Gubsu, Dua Kakek Tua Ini Malah Curi Ponsel, Akhirnya Ditangkap Polisi
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Dua orang pelaku pencuri ponsel milik Fatimah Habibie (istri dari eks Gubernur Sumut Syamsul Arifin) berhasil dibekuk Tim Elang Intelmob di berbagai tempat di Kota Medan. Keduanya kakek tua pelaku pencurian ini berinisial AAK (60) dan rekannya Alex (60).

"Keduanya ditangkap di kawasan Rawa, Gang Tengah dan Jalan Katamso Medan," ucap Kapolsek Delitua AKP Zulkifli Harahap kepada wartawan, Selasa (02/06/2020) sore. Kapolsek Delitua mengaku, penangkapan ini bermula dari adanya laporan pencurian ponsel milik Fatimah Habibie berdasarkan laporan polisi No: STPL/628/V/2020/SPKT/SEK DELTA.

Sehingga petugas melakukan penyelidikan. Informasi diperoleh, aksi pencurian ini dilakukan oleh warga Jalan Rawa Gang Tengah, Kelurahan Tegal Sari Mandala 2, Kecamatan Medan Denai itu saat Halabihalal di rumah mantan Gubsu tersebut.

Menurut Kapolsek, petugas langsung bergerak untuk menangkap kepada pelaku pencurian ponsel milik Korban Fatimah Habibie tersebut di Jalam STM Medan. Sehingga petugas ingin memberikan rasa aman kepada warga Kota Medan. "Alex diringkus oleh tim Elang Intelmob, Satuan Brimob Polda Sumut pada Selasa (02/06/2020). Dalam kasus tersebut, pengungkapan dipimpin Panit Opsnal Seksi Intelmob Sat Brimob Polda Sumut Ipda Heri Suhartono," sambungnya.

Sebelumnya, Lakhar Kasi Intel Kompol Heriyono mengatakan pencurian handphone (HP) merek Oppo Type X909 yang terjadi di rumah Fatimah Habibie di Jalan STM pada saat Halalbihalal. "Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Delitua. Kami (Tim Elang Intelmob) kemudian melakukan koordinasi dengan personel Subdit 3 Jahtanras Polda Sumut dipimpin oleh Aipda M Fahri Afrizal untuk melakukan penyelidikan," jelasnya.

Tim kemudian melakukan penyelidikan di Jalan Pasar 3, Gang Bhineka Tunggal Ika, Kecamatan Percut Sei Tuan, tepatnya di kediaman Saiyian. Dari penyelidikan itu, terungkap handphone korban digunakan oleh anak mereka berinisial AFA (11). "Hanya saja, saat ini anak mereka tinggal di rumah omanya di Jalan Rawa Gang Tengah, Kel Tegal Sari Mandala 2, Kecamatan Medan Denai," tambahnya.

Setelah mengantongi informasi tersebut, petugas menuju alamat yang diberikan oleh Saiyan dan istrinya, pada Senin (1/6/2020) pukul 20.00 WIB. Setibanya di alamat tersebut, petugas menemukan AFA sedang berada di rumah neneknya. Di mana, AFA saat itu sedang bermain ponsel milik Fatimah Habibie. Lanjut Heriyono, pihaknya kemudian menanyai AFA perihal ponsel tersebut. "Saat saat itu AFA dan ibunya menemui tersangka. Tim Elang kemudian terus melakukan pengembangan. Hingga akhirnya mendapat informasi keberadaan Alex di Kantor Mabmi di Jalan Brigjen Katamso," sebutnya.

Kata Kompol Heriyono, lalu Tim bergerak ke kantor tersebut dan langsung melakukan penangkapan terhadap Alex. "Kedua pelaku itu sudah dijebloskan ke penjara," tandas mantan Kanit Reskrim Polsek Helvetia ini. (BS04)


Tag:Curi PonselIstri GubsuKriminalPolsek DelittuaSyamsul Arifin