Peristiwa

HUT RI ke-73, 529 Warga Binaan Lapas Kelas II A Rantauprapat dapat Remisi, 5 Diantaranya Bebas


HUT RI ke-73, 529 Warga Binaan Lapas Kelas II A Rantauprapat dapat Remisi, 5 Diantaranya Bebas
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dalam rangka HUT ke-73  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebanyak 529 orang warga binaan LP Kelas II A Rantauprapat mendapat remisi umum dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia Yasona H Laoly yang diserahkan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT pada upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Rantauprapat.
 
Dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (19/08/2018), warga binaan LP Kelas II A Rantauprapat yang mendapat remisi umum dalam rangka HUT RI terdiri dari 529 orang remisi umum dan 5 orang di antaranya dinyatakan bebas masa hukuman, atas nama Ade Setiawan, Santo Joseph Nainggolan, Raja Baginda Gunung Hasibuan, Hasban Siregar dan Azhar Fakri Tanjung. 
 
Andi saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia Yasona H Laoly mengatakan, gelora semangat untuk mengisi kemerdekaan tentunya harus menjadi milik segenap lapisan masyarakat, tak terkecuali bagi para warga binaan permasyarakatan. "Meskipun secara hukum mereka dirampas kemerdekaanya, namun itu hanyalah kemerdekaan fisik semata, karena sesungguhnya mereka tetap memiliki kemerdekaan untuk terus berkarya, hal ini dibuktikan dengan kegiayan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh pasukan Merah Putih di Lapas seluruh Indonesia," kata Andi. 
 
Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap warga binaanyang taat selama menjalani pidana, lebihbdisiplin, lebih produktif, dan dinamis, tolak ukir pemberian remisi tidak didasarkan dari pelangharan hukumnya,  tetapi didasarkan pada prilaku mereka selama menjalani pidana. "Pemberian remisi yang diatur oleh Permen nomor 3 Tahun 2018 memiliki mekanisme yang sangat transparan dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi, hal tersebut sebagai upaya untuk memangkas proses birokrasi yang berbelit yang sarat dengan peluang-peluang transaksional," sebut Plt Bupati. 
 
Andi menghimbau agar seluruh jajaran Permasyarakatan untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas, bekerja dengan profesional dan ketulusan, serta terus berupaya untuk menjaga nama baik dan tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak citra institusi.(BS09)
 

Tag:HUT RILapasLapas Kelas II A RantauprapatNapiremisi