Peristiwa

Demo Tolak Omnibus Law Ricuh di Medan, Pendemo Tumbang Ditembak Gas Airmata


Demo Tolak Omnibus Law Ricuh di Medan, Pendemo Tumbang Ditembak Gas Airmata
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Aksi demo turun ke jalan menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di gedung DPRD Sumut, Kamis (08/10/2020) berakhir ricuh, hingga ke kawasan Lapangan Merdeka Medan. Barisan polisi berhasil membubarkan massa dengan mobil pengendali massa.

Ribuan pendemo yang dihalau sejumlah Satuan Sabhara Polrestabes Medan berlarian dan tumbang dari kawasan Lapangan Merdeka Medan. Dari pantauan, ratusan mahasiswa yang membawa benda tumpul dan keras tidak kuat menahan tembakan gas air mata dari mobil pengendali massa yang disiapkan oleh Polda Sumut dan Polrestabes Medan tersebut.

Tindakan tersebut sangat tepat untuk mengendalikan massa yang sempat anarkis dan untuk menstabilkan situasi ricuh yang ada di kawasan Lapangan Mereka Medan. Kawasan Lapangan Merdeka Medan ini salah satu tempat berkumpulnya mahasiswa yang lakukan demontrasi turun ke jalan.

"Upaya yang dilakukan polisi sangat baik untuk warga bisa melintas di kawasan Lapangan Merdeka," ucap Nasrun, salah satu warga seputaran Lapangan Merdeka Medan, kepada wartawan, Kamis (08/10/2020).

Dia mengaku, sempat terganggu dengan kehadiran sekelompok massa yang ingin membuat demo anarkis di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Namun tindakan tegas yang dilakukan polisi berhasil membubarkan demo turun ke jalan tersebut.

Dalam aksi itu, massa mencoba merangsek masuk ke gedung DPRD Sumut dan sempat melempari kaca jendela Gedung Dewan itu. Tetapi kemudian dihalau petugas. Aksi ini berujung ricuh dan membuat sebagian petugas terpancing untuk membubarkan aksi anarkis tersebut dengan semprotan gas airmata. "Terpaksa melakukan tindakan Dengan membubarkan aksi demo anarkis dengan memyemprotkan gas air mata kepada massa yang anarkis itu," ucap Kasat Sabhara Polrestabes Medan, AKBP Paulus Hotman Sinaga SIK kepada wartawan.

Pengamanan dan tindakan itu, sebutnya, untuk menjaga suasana tetap aman dan kondusif di Kota Medan. Begitu juga tempatnya berkumpul mahasiswa di kawasan Lapangan Merdeka Medan dibersihkan oleh petugas. "Kawasan Lapangan Merdeka Medan juga sudah aman," tandasnya. (BS04)


Tag:DPRD MedandemonstrasiGas AirmataOmnibus LawPolrestabes MedanUU CiptaKerja