Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Peristiwa
  • Dandim 0209/LB:Budaya Sangat Berperan di Bidang Pertahanan dan Keamanan
pilkada beritasumut.com

Dandim 0209/LB:Budaya Sangat Berperan di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Senin, 18 September 2017 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Komandan Kodim 0209/Labuhan Batu Letkol Czi Denden Sumarlin SE mengatakan bahwa Kodim 0209/LB sangat mendukung pelaksanaan Mubes ke-V LDN (Lembaga Adat Toba Dalihan Natolu), Kabupaten Labuhan Batu, karena kegiatan tersebut turut melestarikan Budaya Batak di Kabupaten Labuhan Batu. 
 
“Budaya sangat berperan di bidang Pertahanan dan Keamanan dan budaya juga memperkenalkan jati diri LDN di tengah masyarakat serta menghormati Budaya LDN kedepan,” ujar Dandim didampingi Pasi Intel Kodim 0209/Lb Kapten Inf Agus Daulay, Pasi Ter Kodim 0209/Lb  Kapten Inf Sudarsono dan Pa Sandi Kodim 0209/Lb Letda Cpl L Simanjuntak saat menerima audensi Panitia Seminar Adat dan Mubes ke-V LDN di Ruang Transit Kodim 0209/Lb, Jalan Meranti Rantauprapat, Senin (18/09/2017).
 
Hadir dalam kesemaptan ini, Ketua Umum LDN M Lumbangaol, Ketua Panitia Seminar Drs BJ Lumbangaol, Wakil Ketua Panitia M Siregar, Wakil Bendahara St N Siringo ringo. Ketua Panitia LDN mengatakan bahwa LDN sudah ada sejak tahun 1998 di Kabupaten Labuhan Batu dan mempunyai 120 Perkumpulan Marga Orang Batak Toba yang ada di Kabupaten Labuhan Batu.”Setiap perwakilan di 9 Kecamatan, Kabupaten Labuhan Batu telah ada LDN,” sebutnya.
 
Ia menyebutkan bahwa panitia akan melaksanakan Mubes ke-5 di Ruang Pertemuan Permata Land Hotel, Jalan Jend A Yani, Rantau Prapat. “Mubes tersebut akan dilaksanakan dengan dasar pengetahuan dan pemahaman tentang Adat Batak Toba di kalangan masyarakat Batak Toba di pandang masih terjadi ketidakseragaman baik di kalangan generasi tua utamanya di Kalangan generasi muda,” katanya.
 
Hal tersebut, lanjutnya, penyebabnya adalah karena minimnya penguasaan filosofi dan penerapan adat itu sendiri serta ditemukannya berbagai latarbelakang sub etnis dan asal daerah yang berbeda. “Tujuan dilaksanakannya Mubes tersebut adalah untuk menyeragamkan pengetahuan dan pemahaman tentang filosofi budaya dan adat Batak Toba.memberi semangat baru kepada generasi muda Batak Toba untuk turut serta mempelajari, mendalami dan melaksanakan serta turut serta mencintai dan merasa bertanggung jawab untuk melestarikan Budaya Batak Toba,” pungkasnya. (Rel)
T#g:batakBidang Pertahanan dan KeamananDandim 0209/LBLabuhanbatuLembaga Adat Toba Dalihan Natolu
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Perusahaan dan Perbankan Akan Gulirkan Dana CSR Bangun Taman Budaya Ikabina En Pabolo

    Beritasumut.com-Puluhan Perusahaan dan Perbankan yang ada di wilayah Kabupaten Labuhanbatu ternyata sangat mendukung program Bupati Labuhanbatu H P

  • satu minggu lalu

    Profesor Zulkarnain Lubis: Mandailing Bukan Batak

    Beritasumut.com-Kumpulan masyarakat orang Mandailing secara tegas menyatakan bahwasanya suku Mandailing itu bukan merupakan bagian dari suku Batak.

  • satu minggu lalu

    Pengurus Parsadaan PARNA Indonesia Periode 2017-2022 Resmi Dilantik

    Beritasumut.com–Awal September lalu keturunan Raja Nai Ambaton telah sukses menggelar musyawarah besar (Mubes), di Hotel Emerald Garden, Jala

  • 2 minggu lalu

    Bupati Labuhanbatu Terima Buku Patuan Na Lobi Ritonga dari Ketum PB PRDB

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE MSi dalam acara Pelantikan Pengurus Cabang Parsadaan Ritonga Dohot Boruna Kabupaten Labuha

  • 2 minggu lalu

    BPBD Labuhanbatu Terima Bantuan Peralatan Penanggulangan Bencana dari BNPB Pusat

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerima bantuan peralatan penan

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.