Peristiwa

Dalam Waktu 5 Jam, Kemenristekdikti Lakukan Bedah Rumah Tahan Gempa dari Bahan UPVC


Dalam Waktu 5 Jam, Kemenristekdikti Lakukan Bedah Rumah Tahan Gempa dari Bahan UPVC
BERITASUMUT.COM/BS09
Beritasumut.com-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan Bedah rumah cepat milik Asrof di Desa Jambangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jumat (27/09/2019) siang.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar ST MH, peneliti dari Universitas Diponegoro Semarang, Samsunar dari PT Terryham Propas Indonesia, Arman Chandra perwakilan APSINDO Sumatera Utara (Sumut) serta dari tokoh Agama dan tokoh masyarakat.
 
Rumah Asrof yang berprofesi sebagai tukang pijat ini dibedah dalam waktu hanya 5 jam dengan mengunakan bahan-bahan dari produk KENDS UPVC yang diproduksi oleh PT Terryham proplas indonesia berkerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Universitas Diponegora.
 
"UPVC ini adalah perusahaan satu satunya dan pertama di Indonesia yaitu yang di bangun oleh PT Terryham Propas Indonesia, UPVC ini tahan terhadap gempa sehingga bila terjadi gempa tidak menimbulkan korban jiwa," ungkap Menristekdikti Prof Mohammad Nasir. 
 
Menristekdikti mengungkapkan, produk yang dipakai untuk membuat rumah ini tahan terhadap rayap dan dibandingkan dengan kayu."Kayu saat ini sangat terbatas dan dengan UPVC yang bisa di recycling dan life timesnya juga cukup panjang hingga mencapai sepuluh tahun dengan pembiayaan sangat rendah," terangnya.
 
"Nanti kedepannya akan bisa kita gunakan model rumah yang bisa dilakukan dengan knokdown, kalau sekarang baru satu lantai, di luar negeri sudah ada model rumah yang dua lantai dan tahan terhadap dingin," pungkas Menristekdikti.(BS09)
 

Tag:APSINDOArman ChandraBedah RumahTumah Tahan GempaUPVC