Peristiwa

Bupati Taput Usulkan Food Estate Seluas 50 Ha ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan


Bupati Taput Usulkan Food Estate Seluas 50 Ha ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan MSi didampingi Kepala Bappeda Luhut Aritonang dan Kepala KPH 12 Tarutung Elvin Situngkir dan Pimpinan OPD terkait, di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, melalui zoom meeting usulkan Food Estate (perkampungan industri pangan) seluas 50 hektar pada Rapat Koordinasi Pembahasan Pengembangan Food Estate.

Dibuka Asisten Deputi Pengelolaan DAS Mochamad Saleh Nugrahadi SSi MSc PhD, kegiatan ini guna menindaklanjuti hasil rapat Koordinasi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi mengenai pengembangan Food Estate di Sumatera Utara (Sumut) dipandang perlu untuk melaksanakan rapat koordinasi lanjutan.

Dalam rapat tersebut, Bupati Taput mengajukan usulan untuk food estate sebagai Proyek Strategis Nasional seluas 50 Ha untuk 8 kecamatan. Disepakati untuk Taput adalah seluas 18.482 ha untuk 3 kecamatan, yakni Kecamatan Sipoholon, Kecamatan Parmonangan dan Adiankoting. Adapun komoditi yang akan dikembangkan di lokasi food estate tersebut adalah jagung, padi, kacang, jeruk, cabai dan sayuran.

"Lahan Food Estate ini adalah perkampungan industri pangan yang merupakan konsep pengembangan produksi pangan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan yang berada di suatu kawasan yang sangat luas. Program ini sangat strategis, terutama di situasi pandemi Covid-19, khususnya di Taput gunq mewujudkan Lumbung Pangan maupun secara nasional," ujar Bupati dilansir dari laman taputkab.go.id, Minggu (27/09/2020).

Bupati menambahkan, saat ini Taput menunggu persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pembagian lahan ini nantinya akan diatur oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk menghindari konflik di tengah tengah masyarakat. "Program ini adalah untuk kemajuan masyarakat Tapanuli Utara di bidang industri pertanian," pungkas Bupati.(BS09)


Tag:Food EstateTaput