Peristiwa

Bupati Tapteng Laksanakan Panen Perdana Sayuran dalam Rangka Menunjang Ketahanan Pangan Daerah


Bupati Tapteng Laksanakan Panen Perdana Sayuran dalam Rangka Menunjang Ketahanan Pangan Daerah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul bersama Forkopimda Tapteng dan Pimpinan DPRD Kabupaten Tapteng menggelar Panen Perdana Sayuran dalam rangka menunjang Ketahanan Pangan Daerah Tapteng yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Tapteng.

Program Ketahanan Pangan ini merupakan program prioritas Nasional dan Tapteng, sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Tapteng agar tidak bergantung kepada produk dari luar daerah Tapteng. Program Ketahanan Pangan ini akan digalakkan secara gencar hingga ke desa-desa yang ada di wilayah Tapteng.

Ketahanan Pangan ini juga sesuai dengan arahan Food and Agriculture Organization (FAO), salah satu organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang menangani tentang Pangan Dunia, agar perlunya membuat suatu gebrakan pemenuhan kebutuhan pangan. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, ketahanan pangan semakin strategis dan urgen untuk dikembangkan dan ditingkatkan.

"Kita dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah bersama Forkopimda Tapanuli Tengah menggelar Panen Perdana Sayuran di Halaman Kantor Bupati Tapanuli Tengah, yang kita panen ini ada Sayur Bayam Hijau, Bayam Merah, dan Kangkung. Kita mendukung Pemerintah, karena sudah diingatkan oleh FAO, yaitu Badan Organisasi PBB yang menangani masalah Pangan Dunia, kita menduga akan ada kelangkaan pangan serta melakukan antisipasi dalam menangani kelangkaan pangan ini".

"Sebagai salah satu contoh, waktu itu saya melihat gerakan dari Kabaharkam Mabes Polri, saya melihat di media Beliau menggalakkan seperti ini dan saya tertarik dan menurut saya ini juga sangat logis untuk dilakukan, sehingga saya terinspirasi untuk memberhasilkannya. Apalagi ini merupakan program prioritas nasional dan Kabupaten Tapanuli Tengah,” papar Bupati dilansir dari laman tapteng.go.id, Minggu (31/05/2020).

“Kami juga mencontohkan ini agar masyarakat juga dapat mencontohnya sehingga kita tidak perlu lagi ketergantungan dengan daerah luar, terutama sayur dan bahan pokok lainnya. Dengan kebersamaan dan kerja keras saya yakin hal ini insya Allah akan berhasil. Kegiatan ini sebagai salah satu contoh dan akan terus kita galakkan, Dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan mengeluarkan surat ke kecamatan untuk selanjutnya diteruskan ke para Kepala Desa dan Lurah agar masyarakat dapat memanfaatkan lahannya yang kosong untuk dapat menanami dengan tanaman sayuran dan palawija,” sambung Bupati.

“Perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat terkait pupuk gratis. Kita telah berhasil mendapatkan Pupuk NPK secara gratis sebanyak 57 ton dan Herbisida sebanyak 2.280 liter, yang akan kita salurkan kepada kelompok tani sehinggawalaupun terjadi kelangkaan pupuk, Petani Kabupaten Tapanuli Tengah tetap dapat beraktifitas seperti biasa," jelas Bupati lagi.

Bupati mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar turut serta menanam berbagai tanaman pangan dan mensukseskan program swasembada pangan yang saat ini sedang didigalakkan karena tanah di Tapteng termasuk subur.(BS09)


Tag:COVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronaTapteng