Peristiwa

ATM Dibobol Rekan Sekamar, Uang Rp 16 Juta Milik Wanita Yang Bekerja di RS Imelda Medan Raib


	ATM Dibobol Rekan Sekamar, Uang Rp 16 Juta Milik Wanita Yang Bekerja di RS Imelda Medan Raib
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Perbuatan Tanti Novita Damanik (35) warga Jalan Datuk Kabu Pasar 3, Gang Pisang 9, Kecamatan Perut Sei Tuan ini sungguh kelewat batas. Berpura-pura menjadi sahabat korbannya, pelaku ternyata mencuri dan menguras habis ATM milik rekan seprofesinya yang juga tinggal di tempat yang sama dengannya.

Kasus pembobolan ATM ini berhasil diungkap oleh Polsek Medan Timur. Pelaku Tanti disergap petugas di kawasan Rumah Sakit Umum Imelda, Jalan Bilal Kota Medan yang telah terekam CCTV.

Kaposek Medan Timur Kompol Muhammad Arifin kepada wartawan, Jumat (19/06/2020) mengatakan, pelaku ditangkap berdasarkan laporan korban Rice Mutia (25) warga Jalan Keadilan, Pasar 1, Lorong 1 Baru Barat, Desa Sampali. "Pelaku berhasil mengambil uang korban dari pembobolan ATM sebanyak Rp 16 juta," ujarnya.

Kompol Arifin menuturkan, korban dan terlapor sama-sama bekerja di Rumah Sakit Imelda Jalan Bilal. "Saat itu keduanya tinggal dalam satu tempat tinggal yang sama selama penanganan wabah Covid-19. Awalnya korban meletakkan kartu ATM di belakang ponsel, tepatnya di balik casing HP. Kemudian korban sadar bahwa kartu ATM sudah hilang. Korban memberitahukan kepada pelaku dan dia mengatakan dirinya tidak mengetahui," jelasnya.

Pelaku terlapor sempat menyarankan agar ATM diurus ke Bank dengan alasan tertelan mesin ATM. "Berselang sekitar dua bulan, korban mencoba mengurus ATM baru ke pihak BNI. Namun usai dilakukan pencetakan rekening koran, saldo pada ATM korban itu telah habis. Selanjutnya korban membuat laporan ke Polsek Medan Timur," lanjutnya.

Atas kejadian itu, petugas melakukan penyelidikan. "Saat cek TKP dengan Tim Tekab Polsek Medan Timur bersama korban berkoordinasi dengan pihak BNI untuk melihat CCTV penarikan pada hari dimana saldo itu berkurang. Setelah dilakukan pengecekan CCTV, korban mengenali wajah yang terekam pada CCTV. Ternyata direkaman CCTV itu nampak wajah terlapor yang merupakan rekan kerjanya yang menarik uang korban dari mesin ATM tersebut," bebernya.

Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap tersangka. "Pelaku mengakui perbuatanya yaitu mengambil kartu ATM korban dari tasnya. kemudian dia menarik uang dari ATM di TKP dengan no PIN yang sebelumnya sudah diketahui oleh tersangka. Sebab mereka merupakan kawan dekat dan pernah sama-sama mengurus pengganti ATM yang hilang. Saat ini pelaku sudah dijebloskan ke penjara," tandasnya. (BS04)

Tag:ATM dibobolFake FriendKriminalpencurianPolsek MedanTimurRS Imelda