Pendidikan

UKT Unimed untuk Mahasiswa Baru Tak Ada Kenaikan


UKT Unimed untuk Mahasiswa Baru Tak Ada Kenaikan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Ujian Tulis Bersama Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Universitas Negeri Medan (Unimed) telah dimulai. UTBK SM Mandiri yang diikuti oleh 3225 peserta ini digelar selama 4 hari yang dimulai Kamis (27/08/2020) hingga Minggu (30/08/2020) hari ini.

“Pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua sesi dalam satu hari sesi pertama dimulai Pukul 09:00 WIB-Pukul 11:15 WIB dan sesi kedua dimulai Pukul 14:00 WIB-Pukul 16:15 WIB. Hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk menghindari keremunan massa sehingga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom saat meninjau pelaksanaan ujian jalur mandiri di Fakultas Bahasa dan Seni Unimed seperti dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (30/08/2020).

Rektor yang didampingi jajaran Wakil Rektor menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti jalur mandiri tahun ini mengalami peningkatan sebesar 3,01 persen dengan jumlah 3.225 orang yang dimana pada tahun sebelumnya sebanyak 3.122 orang. Sedangkan, untuk kouta penerima dari jalur mandiri Unimed berjumlah 2,100 orang.

“Tentunya jurusan PGSD menjadi masih menjadi primadona di Unimed. Untuk pengumuman hasil ujian mandiri nantinya akan disampaikan pada tanggal 2 September 2020,” kata Syamsul.

Rektor melanjutkan, bahwa untuk perkuliahan akan dilaksanakan secara online baik dengan menggunakan SIPDA Unimed ataupun dengan menggunakan aplikasi lainnya yang dapat membantu pengajaran via online. “Perkuliahan via daring kami lakukan sesuai dengan arahan Mendikbud,” ujar Syamsul.

Mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Unimed, Rektor menjelaskan bahwa UKT Unimed tidak mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.Bahkan, kata rektor, Unimed meringankan beban orang tua dan mahasiswa terimbas Covid-19.“UKT sampaikan 8 tingkat, Unimed seperti tahun lalu tidak ada kenaikan.

Bahkan 2020, Unimed mendapatkan bantuan UKT sebesar 2.500 orang bagi orang tidak mampu dan terdampak Covid-19,” pungkasnya.(BS09)


Tag:kampusspmbUKTUTBKUnimed