Pendidikan

Pemko Sambut Kedatangan 40 Mahasiswa IPB Lokakarya KKNT ke Medan


Pemko Sambut Kedatangan 40 Mahasiswa IPB Lokakarya KKNT ke Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemko Medan menerima sebanyak 40 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan melakukan lokakarya kuliah kerja nyata tematik (KKNT) tahun 2020 di wilayah Kota Medan. Kedatangan rombongan mahasiwa ini diterima Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan SPd MM di Kantor Wali Kota Medan, Jumat (10/07/2020).

Kegiatan lokakarya KKNT ini, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Jumat (10/07/2020), merupakan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dimana program berupa penyelenggaraan pendidikan dalam bentuk kegiatan pengalaman berbagi ilmu dan juga menimbah ilmu, teknologi dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat.

Penerimaan mahasiswa KKNT-IPB yang tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker dan menjaga jarak juga diikuti secara virtual oleh Wakil Kepala Bidang Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IPB, Prof Dr Sugeng Heri Suseno dan Koordinator Wilayah Pelaksanaan KKNT IPB Kota Medan, Dr Ir Bonny Poernomo Wahyu Soekarno.

Dalam sambutan Plt Wali Kota Medan, yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan SPd MM mengatakan bahwa KKN dilaksanakan secara melembaga dan terstruktur sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dari perguruan tinggi yang masih mewajbkan KKN karena meyakini KKN sebagai sebuah hal positif bagi mahasiswa.

"Kita tahu dalam setiap persoalan di masyarakat tidak dapat diselesaikan dengan hanya mengandalkan satu disiplin ilmu semata saja, melainkan harus menerapkan kolaborasi berbagai disiplin ilmu yang ada di perguruan tinggi. Karena itu dengan pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dari bangku perkuliahan diharapkan melalui KKNT ini para mahasiswa dapat memberikan sumbangsi pemikiran, tenaga dan lainnya dalam mengabdi ke masyarakat," harap Adlan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KKNT IPB kali ini dikatakan Adlan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Tentunya diharapkan mahasiswa tetap bersemangat melaksanakan KKNT ini meskipun di tengah situasi pandemi. "Kepada para mahasiswa yang mengikuti KKNT kali ini tetaplah bersemangat dan jaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Wajib menggunakan Masker, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak," pesan Adlan.

Terakhir, Adlan berharap dengan adanya kegiatan KKNT ini, para mahasiswa IPB akan memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi, terampil berkomunikasi dan mampu bekerjasama antar disiplin ilmu sehingga mampu berkontribusi mengatasi beragam permasalahan di tengah masyarakat. "Semoga para mahasiswa IPB yang melaksanakan KKNT dapat benar-benar mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh dari Kampus ke tengah-tengah masyarakat sehingga mereka berkontribusi dalam mendukung kemajuan pembangunan di Kota Medan yang kita cintai," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IPB, Prof Dr Sugeng Heri Suseno menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemko Medan yang telah menerima mahasiswa IPB dalam melaksanakan kegiatan KKNT tahun 2020 ini. "KKNT kali ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat di tengah pandemi covid-19. Sehingga kehadiran para mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," ungkapnya. (BS09)


Tag:IPB KKNTKKNT MedanMahasiswa IPBPemko Medan